Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi

Kompetensi Guru Belum Tersentuh di 100 Hari Kerja Nadiem

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf 100 Hari Jokowi-Maruf
Intan Yunelia • 08 Januari 2020 13:23
Jakarta: Selama 100 hari pertama kerja, program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim belum ada menyentuh persoalan peningkatan kompetensi guru. Padahal, kompetensi guru sangat penting untuk menyelaraskan dengan sistem pengajaran yang akan diterapkan Mendikbud saat ini.
 
"Guru bukannya tidak mampu mengajar, tapi mereka mengajar dengan cara lama dan sudah terbiasa dengan cara itu. Untuk membangun cara baru misalnya, anak harus belajar berdasarkan kompetensi. Dari pengamatan saya banyak di sekolah guru belum memiliki kompetensi (yang mumpuni)," kata Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Said Hamid Hasan, saat dihubungi Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.
 
Said juga mengatakan, pola pikir guru harus diubah dari pola pengajaran cara lama yang lebih mengutamakan konteks. Guru mesti berubah dengan pola penekanan pada aspek kompetensi bukan lagi sekadar materi semata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebab tidak mudah mengubah kebiasaan dan secara formal gurunya sudah menulis dan mencari informasi, tapi proses pembelajarannya tidak bisa, mencari informasi. dan dalam proses pembelajarannya tidak bisa menganalisis," ujar Said.
 
Belum lagi ketika berbicara tentang Higher Order Thinking Skill (HOTS), masih banyak soal-soal yang tidak menggunakan HOTS sebagai acuan dalam pembelajaran. Hal ini kata Said, karena guru belum terbiasa dengan cara seperti ini.
 
"Ini persoalan besar dan memerlukan upaya yang sangat intensif untuk mengubah kebiasaan guru," tegasnya.
 
Seperti diketahui, Jokowi mengumumkan pada 23 Oktober 2019 lalu secara resmi mengumumkan formasi Kabinet Maju di Istana Merdeka. Jokowi di periode kedua ini tidak mencanangkan secara khusus target dan program 100 hari kerjanya, karena menurut Presiden semua program hanya tinggal melanjutkan dari periode pertamanya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif