SMPN 4 Sidoarjo Masuk Top 20 KBK Calisline se-Jatim
Kompetisi Budaya Kinerja Baca Tulis Online (KBK Calisline) di SMPN 4 Sidoarjo, Medcom.id/Syaikhul Hadi.
Sidoarjo:Kompetisi Budaya Kinerja Baca Tulis Online (KBK Calisline) milik SMPN 4 Sidoarjo masuk dalam Top 20 Nominator KBK Tingkat Provinsi Jawa Timur. KBK diikuti oleh 151 KBK dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Hasil tersebut diketahui, saat Tim Dewan Juri Kompetisi Budaya Kinerja yang dipimpin Kepala Bagian Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Setda, Jawa Timur, Dwi Suyantono mengunjungi SMPN 4 Sidoarjo. Dalam kunjungannya tersebut, tim dewan juri menyerahkan piagam penghargaan Top 20 Nominator KBK tersebut, sekaligus melihat langsung KBK Calisline yang dimiliki SMPN 4 Sidoarjo. 


Menurut Dwi, dalam lomba KBK yang digelar Pemprov Jatim itu, proses penilaiannya dilakukan secara terbuka dan objektif. Salah satunya adalah keaktifan karya tulis yang dimuat dalam websiteKBK. Di samping keaktifan literasi siswa, para guru juga tidak luput dari penilaian dewan juri. 

"Jadi bukan hanya dari hasil literasi siswa melalui karya tulisnya, namun keaktifan gurunya juga kita nilai.  Sebab masih banyak yang kita temukan dalam webKBK, tidak ada satupun hasil karya tulis guru yang di-upload," terangnya. 

Baca: Kemampuan Literasi Kunci Anak Hadapi Abad 21

Menurutnya, para siswa memerlukan teladan langsung dari guru. Apabila guru menyuruh siswanya agar gemar membaca, maka guru harusnya memberi teladan membaca.

"Begitu juga saat diminta membuat karya tulis, maka guru harusnya lebih dulu memiliki karya tulis," ujar Dwi.

Ketua KBK Calisline, Ghufron mengatakan, nama Calisline sengaja dibuat agar para siswa selalu ingat saat membuat karya tulis. Sehingga hasil karyanya bisa langsung diunggah ke dalam website

"Ada empat hal yang menjadi taglineCalisline, yakni takwa, berprestasi, ber-akhlaqul karimah, dan berbudaya lingkungan seperti pendidikan literasi," jelasnya. 

Sementara itu, Asisten Administrasi Pemerintahan yang mewakili Bupati Sidoarjo, Kissowo Hadi menyampaikan, pemkab Sidoarjo telah mengirim empat KBK yang sudah diseleksi ditingkat kabupaten. Keempat KBK itu diantaranya  KBK SMPN Negeri 1 Sidoarjo, KBK Si Pitik dari Kecamatan Buduran, KBK Si Cantik dari Kecamatan Krian, dan KBK Calisline dari SMPN 4 Sidoarjo.

Alhamdulillah, salah satu dari empat KBK yang kita ikutkan kompetisi masuk 20 nominator.  Saya minta tim KBK Calisline bisa lebih meningkatkan lagi pendidikan literasi, memberikan motivasi, dan semangat kepada para siswa untuk lebih produktif lagi dalam menulis. Tidak kalah penting adalah, membudayakan gemar membaca," tambah Kissowo. 

Pada tahap selanjutnya , kata Kissowo, akan dilakukan seleksi  dan akan diambil lima terbaik yang akan menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo.  Sekaligus akan mewakili KBK Tingkat Propinsi Jawa Timur untuk diikutkan ke kompetisi tingkat nasional.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id