Kemampuan Literasi Kunci Anak Hadapi Abad 21
Peluncuran Program Pintar (Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran), Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Penguasaan literasi dasar seperti membaca menjadi kunci kesiapan anak menghadapi abad 21.   Sementara literasi dasar anak di tingkat sekolah dasar saat ini masih rendah.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad mengatakan literasi dasar seperti membaca menjadi kunci utama anak Indonesia menghadapi abad 21.  Karena kemampuan membaca merupakan dasar bagi anak untuk menerima pelajaran berikutnya. 


"Kita harus ingat sebelum anak itu hebat di matematika, kemampuan dasar yang harus di peroleh pertama kali adalah membaca atau reading. Anak bisa membaca bukan berarti bisa sekaligus memahami," kata Hamid usai Peluncuran Program Pintar  (Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran) kerja sama Kemendikbud dengan Tanoto Foundation di Kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat, 28 September 2018.

Pernyataan Hamid sekaligus menanggapi hasil riset yang dilakukan oleh CFEE Annual Research Digest 2016/2017 yang di salah satu bagian risetnya menyimpulkan, anak Indonesia tidak siap dalam menghadapi abad 21.   Kesiapan anak Indonesia menghadapi abad 21 tertinggal 10 abad atau 1000 tahun lamanya, karena mereka baru siap saat akan memasuki abad 31.

Baca: Program Pintar Ditargetkan Jangkau 12.000 Sekolah

Kondisi ini harus dicegah dengan memperbaiki pola pembelajaran di sekolah.  Pemahaman literasi dasar menjadi tanggung jawab guru serta orangtua. Pemerintah bersama program Pintar  juga terus berbenah, agar anak-anak tingkat SD tidak lagi terkendala dengan persoalan literasi dasar.

"Bagaimana kita menyiapkan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah kita dan madrasah kita," terang Hamid.

Pemahaman literasi dasar ini perlu ditunjang oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kualitas guru dalam mengajar di kelas. 

"Kualitas guru kita dan inilah yang harus kita kawal betul, bagaimana guru ini bisa memenuhi standar yang bisa mengoptimalkan potensi anak kita di sekolah," tuturnya.




(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id