Ketua Departemen Smart Learning and Character Center (SLCC), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Eko Indrajit, Medcom.id/Citra Larasati.
Ketua Departemen Smart Learning and Character Center (SLCC), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Eko Indrajit, Medcom.id/Citra Larasati.

Guru Dituntut Kuasai Kompetensi Siber Pedagogik

Pendidikan Kualitas Guru
Citra Larasati • 25 Januari 2019 06:07
Jakarta: Memasuki era revolusi industri 4.0 menuju 5.0 guru dituntut menguasai kompetensi siber pedagogik. Di mana guru tidak lagi menjadi pusat pembelajaran di kelas, melainkan bertumpu pada keaktifan siswa.
 
Ketua Departemen Smart Learning and Character Center (SLCC), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Eko Indrajit mengatakan, era disrupsi teknologi tidak hanya berdampak pada berubahnya teknologi pembelajaran, namun juga metode dan tuntutan pada keterampilan mengajar guru di kelas. "Sekarang bagaimana cara mengajari anak-anak ketika semua bahan ajarnya sudah terbuka bebas," kata Eko di Gedung Guru PGRI, Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Baca:Tiga Skema Disiapkan untuk Bereskan Persoalan Guru Honorer

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika guru tidak dilengkapi dengan kompetensi siber pedagogik, maka akan membuat kesenjangan antara guru dan siswa semakin lebar di dalam kelas. "Sekarang saja sudah banyak guru yang mengeluh, karena 'di-bully' siswanya, karena dinilai gaptek (gagap teknologi)" terang Eko.
 
Dalam siber pedagogik, guru tidak lagi menjadi sumber ilmu utama, namun lebih kepada fasilitator, pelatih, teman, bahkan sahabat belajar di kelas. "Di situlah guru akan menjadi 'arsitek' ruang kelas," imbuhnya
 
Untuk menuju ke arah itu, kata Eko, harus dimulai dengan mengubah pola pikir guru, dari yang biasanya menjadi pusat pembelajaran, menjadi fasilitator belajar di dalam kelas.
 
"Simpel saja, ini konsep student learning, di mana saat di kelas, misalnya ada sesi pelajaran dua jam, gurunya hanya boleh bicara 10 menit, sisanya siswa yang aktif belajar," ungkap pengurus PB PGRI ini.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif