Nah, kalian bisa mempelajari bidang administrasi di lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Salah satunya, yang telah menghasilkan lulusan kompeten dan terserap kerja di bidang administrasi perkantoran, yakni LKP IBTI Learning Center, Bukittinggi, Sumatra Barat.
Kurikulum pembelajaran yang diterapkan serta sinergitas dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Beberapa alumni sudah bekerja di beberapa tempat, seperti Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta, SAMSAT Bukittinggi, Sekretariat Gapensi Kabupaten Agam, dan masih banyak lagi.
“Staf administrasi idealnya memiliki ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi dalam mengatur waktu. Selain itu juga memiliki kemampuan di bidang digital sesuai perkembangan zaman. Hal tersebut bisa dilatih di LKP,” kata Pimpinan LKP IBTI Learning Center, Asnim, dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Selasa, 28 Maret 2023.
Dia membagikan keunggulan belajar administrasi perkantoran di LKP:
1. Pembelajaran dalam waktu yang singkat
Mempelajari administrasi perkantoran tidak membutuhkan waktu lama karena di LKP kamu akan belajar dalam waktu tak lebih dari satu tahun. Di LKP IBTI Learning Center, misalnya durasi pembelajaran program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) selama 120 jam pelajaran atau satu bulan. Sementara itu, program reguler berlangsung selama 6 bulan dan sudah termasuk magang.2. Pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan DUDI
Pembelajaran administrasi perkantoran di LKP memang tergolong singkat. Namun, pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan industri. Sehingga, peserta didik langsung memahami prosedur dan pelaksanaan administrasi sesuai dengan industri tersebut.Sebagai contoh, saat ini banyak industri yang membutuhkan talenta digital. Pembelajaran administrasi perkantoran di LKP, khususnya LKP IBTI Learning Center memberikan materi mengenai digital marketing mengenai pengelolaan media sosial serta pembuatan konten.
3. Kurikulum pembelajaran dibuat LSK dan DUDI
Pembelajaran administrasi perkantoran di LKP akan lebih banyak praktik dan menyiapkan peserta didik agar dapat terjun ke dunia kerja dengan baik. Peserta didik dipersiapkan agar dapat bekerja dengan cepat, cermat, dan teliti dalam bekerja terkait penanganan administrasi kantor.Pengembangan pembelajaran berlandaskan lembaga sertifikasi kompetensi (LSK) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Selain itu, untuk memaksimalkan pembelajaran di LKP, DUDI turut terlibat dalam penyusunan kurikulum sehingga peserta didik dapat menerima pembelajaran mengenai industri secara langsung.
4. Kolaborasi erat dengan DUDI
Dalam pendidikan vokasi, DUDI turut membantu dalam pengelolaan pembelajaran di LKP. DUDI tidak hanya menjadi penyusunan kurikulum, tetapi juga dapat terlibat langsung dalam proses pemagangan dan menjadi praktisi ataupun instruktur di LKP.LKP yang menggandeng DUDI dapat membantu peserta didik terhadap proses penyerapan kerja.
Sehingga, DUDI mudah dalam proses rekrutmen dengan kerja sama itu.
Itulah keunggulan belajar belajar administrasi di perkantoran. Apakah kalian tertari?
Baca juga: Kisah Bunga, Jual Hamper Gift Box hingga ke Singapura Berkat Kursus |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News