Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. DOK Universitas Jember
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. DOK Universitas Jember

Kuliah Umum di Unej, Sandiaga Uno Dorong Mahasiswa Jadi Wirausaha

Renatha Swasty • 10 Agustus 2022 10:01
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan kuliah umum kepada sivitas akademika Universitas Jember (Unej) Sandiaga menyampaikan materi bertema “Digitalisasi Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”.
 
Rektor Unej Iwan Taruna mengungkapkan Universitas Jember sadar atas potensi generasi milenial, khususnya mahasiswa Universitas Jember yang sangat menguasai dunia digital. Dia senang Sandiaga dapat hadir memberikan kuliah umum untuk memberikan pencerahan dan pemahaman terkait potensi pariwsiata dan ekonomi kreatif.
 
“Universitas Jember berkomitmen memberdayakan sektor pariwisata dengan melakukan pendampingan dan pengembangan desa-desa wisata melalui riset dan KKN tematik," kata Iwan dikutip dari laman unej.ac.id, Rabu, 10 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unej juga baru meresmikan Sekolah Kopi RAISA di Bondowoso sebagai bentuk kerja sama petani kopi dan PT Astra Internasional Tbk. Iwan menuturkan Universitas Jember berupaya meningkatkan kapasitas petani kopi agar memenuhi standar internasional.
 
"Ujung-ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan petani kopi,” ujar Iwan.
 
Sandiaga menjelaskan sektor ekonomi kreatif berkontribusi 1.300 triliun atau 7,5 persen dari PDB. Indonesia saat ini berada di posisi 5 besar dunia hanya kalah dengan Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-Pop dan drakor.

Potensi ekonomi digital Indonesia

Dia menuturkan potensi ekonomi digital di Indonesia juga sangat besar karena ada 210 juta pengguna aktif internet, 191 juta pengguna aktif media sosial, dan ada 77 persen angka penetrasi internet. Apalagi, Indonesia ditopang 75 juta jiwa millennials dan 70 juta jiwa generasi Z yang melek dunia digital.
 
Sandiaga Uno menuturkan pemerintah mengubah pola pengembangan ekonomi melalui gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia.” Sebab, 3,7 juta UMKM bertranformasi ke platform digital.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif