Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto

Pelayanan Pendidikan untuk Anak Sakit dan Sehat Tak Boleh Berbeda

Ilham Pratama Putra • 19 Agustus 2022 17:46
Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta satuan pendidikan memberikan pelayanan merata kepada pelajar. Tidak boleh ada pembedaan akses kepada pelajar baik yang sakit maupun sehat.
 
IDAI dan KPAI tak ingin siswa yang harus belajar dari rumah karena sakit mengalami kesulitan belajar dan mendapat diskriminasi. Orang tua atau wali anak memiliki hak untuk memilih metode pembelajaran yang tepat bagi anaknya.
 
"PTM dan atau pembelajaran jarak jauh, tidak boleh berbeda akses dan kualitas pembelajarannya," ujar Ketua Satgas Covid-19 IDAI, Yogi Prawira, dalam konferensi pers daring, Jumat, 19 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yogi menegaskan satuan pendidikan harus paham setiap anak dan orang tua dapat menentukan apakah anaknya bisa pergi ke sekolah atau tidak. Terutama, bila orang tua menilai anak mereka memiliki komorbid atau terdapat keluarga yang sakit.
 
"Seperti terdapat anggota keluarga dengan risiko tinggi mengalami covid-19 berat, maka orang tua harus bisa berkonsultasi kepada dokter dan pihak sekolah untuk memperoleh surat keterangan terkait kondisi anak dan keluarganya," tutur dia.
 
Sehingga, proses pembelajaran lebih fleksibel. Satuan pendidikan diminta dapat bertransformasi dan beradaptasi sesuai kebutuhan anak.
 
"Dengan mempertimbangkan aspek merdeka belajar. Sehingga sangat dibutuhkan pemahaman tentang data yang saat ini ada di daerah masing-masing sehingga pemerintah, orang tua, dan pihak sekolah bisa bersikap fleksibel sesuai dengan transmisi lokal di daerahnya masing-masing," kata dia.
 
Baca juga: Orang Tua Keluhkan Anak PJJ Cuma Diberi Tugas

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif