Mahasiswa UGM Ilus. DOK UGM
Mahasiswa UGM Ilus. DOK UGM

UGM Gandeng Kemenkominfo Gelar KKN untuk Bangun Literasi Digital masyarakat

Ilham Pratama Putra • 27 Juni 2022 20:36
Jakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). KKN bertujuan membangun literasi digital di masyarakat.
 
"KKN kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika ini untuk mengedukasi masyarakat desa mengenai teknologi digital dalam rangka mendukung program Literasi Digital oleh Kemenkominfo," ujar Rektor UGM, Ova Emilia, dalam keterangan tertulis, Senin, 27 Juni 2022.
 
Ova menegaskan pelaksanaan KKN-PPM merupakan salah satu wujud komitmen UGM mengimplementasikan Education for Sustainable Development (ESD). Yaitu pendidikan yang mendorong perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap untuk memungkinkan masyarakat lebih berkelanjutan dan adil bagi semua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini dilakukan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030, yaitu rencana aksi global yang disepakati pemimpin dunia guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. Tahun ini, kata dia, menjadi momentum terbaik untuk melakukannya.
 
"Untuk periode tahun 2022 ini, tema kita Memperkokoh Jaringan Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Berkolaborasi dengan Banyak Pihak. Kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kemenkominfo RI melalui program Literasi Digital untuk KKN-PPM periode ini,” tutur Ova. 
 
Sebanyak 6.247 mahasiswa akan diterjunkan dalam KKN-PPM Tahun 2022. Ribuan mahasiswa itu telah diberikan pembekalan khusus mengenai empat pilar utama Literasi Digital.
 
Adapun, satu kelompok KKN terdiri atas 20 hingga 30 mahasiswa yang bertugas mengedukasi satu desa sesuai dengan proposal termasuk melakukan penyuluhan mengenai Literasi Digital. Materi tentang Literasi Digital tersebut akan diteruskan kepada masyarakat di 441 desa yang tersebar dalam 199 kecamatan, 85 kabupaten/kota, 28 provinsi di Indonesia.
 
"KKN-PPM UGM Periode Tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 50 hari secara luring mulai 25 Juni sampai 13 Agustus 2022,"  tutur Ova. 
 
Baca juga: Deklarasi Sebagai Kampus Bebas Tindakan Kekerasan, UGM Sosialisasi Masif ke Mahasiswa

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif