Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kemendikbudristek Diminta Tak Abaikan Sekolah Swasta Kecil

Ilham Pratama Putra • 20 Januari 2022 14:33
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerbitkan aturan tentang pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler. Ketentuan tersebut tertuang dalam Permendikbudristek 6/2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan BOS Reguler.
 
Pemerhati pendidikan Doni Koesoema mengatakan kebijakan tersebut tak menguntungkan sekolah swasta yang kecil. Sekolah swasta dengan jumlah siswa kurang dari 60 orang dalam tiga tahun terakhir, tidak menerima alokasi dana BOS reguler.
 
Doni menyebut pemerintah turut melabel sekolah swasta tersebut sebagai sekolah abal-abal. Hal itu, kata dia, melukai warga satuan pendidikan di sekolah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kata abal-abal ini bapak ibu wakil rakyat, itu sangat menyakitkan kami sekali. Dan itu katanya terjadi di daerah terpencil. Faktanya di Yogyakarta, di kabupaten Sleman ada sekolah kami seperti itu," kata Doni dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi X DPR, dikutip Kamis, 20 Januari 2022.
 
Baca: Penunjukkan Kepala Sekolah dari Guru Penggerak Masih Opsional
 
Menurutnya, pemerintah harus menyadari jika keberadaan sekolah swasta itu sangat dibutuhkan. Utamanya menampung siswa yang tak bisa menembus sekolah negeri.
 
"Jadi ada anak-anak warga negara Indonesia yang tidak masuk ke sekolah negeri karena zonasi, tidak bisa bersekolah maka ditampung di sekolah kami," tuturnya.
 
Menurut Doni, jika memang ada sekolah abal-abal sudah menjadi tugas Kemendikbudristek untuk melakukan perbaikan. Kemendikbudristek harus mendampingi sekolah tersebut agar menjadi lebih baik.
 
"Kalau ada sekolah abal-abal itu bukankah tugas Kemendikbudristek untuk mendampingi. Kementerian itu harus melihat ini untuk pemenuhan hak dasar warga negara mendapatkan pendidikan," tutur dia
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif