Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kemendikbudristek Dorong Pembahasan Normal Baru Kebudayaan dan Bantuan Dana di G20

Pendidikan Kebudayaan Kemendikbudristek G20
Ilham Pratama Putra • 22 April 2022 14:23
Jakarta: Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid mengungkapkan pihaknya membawa dua tema utama pada pembahasan bidang kebudayaan di G20. Salah satunya melihat kontribusi kebudayaan dalam membentuk normal baru yang sesuai harapan.
 
"Tentunya di dalam tema itu ada sub tema di dalamnya. Misal sekarang di saat ada normal baru kita mesti menelaah gaya hidup atau cara hidup yang berpengaruh terhadap lingkungan, sosial," tutur Hilmar dalam Taklimat Media: G20 First Culture Senior Officials Meeting, Jumat, 22 April 2022.
 
Hilmar menuturkan gaya hidup itu harus dievaluasi menyeluruh. Hasil evaluasi akan menentukan langkah negara-negara anggota G20 melihat normal baru dari kaca mata kebudayaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin itu sifatnya lebih kepada ada di tingkat pemikiran yang nantinya hasilnya adalah pernyataan bersama dari menteri di bidang kebudayaan mengenai peran kebudayaan di dalam kehidupan yang berkelanjutan," sebut Hilmar.
 
Tema kedua, pemulihan di sektor kebudayaan. Hilmar menyatakan akan banyak hal yang akan dibahas.
 
Dia menuturkan secara spesifik pihaknya akan membahas hal-hal berkaitan bantuan finansial terhadap pelaku budaya di tingkat global. Hilman mengatakan di Indonesia sudah ada dana abadi kebudayaan.
 
"Di Indonesia ada dana abadi kebudayaan, di negara G20 ada inisiatif serupa semasa pandemi ini, ada recovery fund. Kita membayangkan apakah mungkin, dukungan yang sudah diberikan di tingkat nasional ini bisa kita bawa ke tingkat internasional," tutur Hilmar.
 
Baca: Kebudayaan Adalah DNA Indonesia
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif