Indonesia-Belarus Segera Bentuk Tim Pendidikan Tinggi
Sekjen Kemenristekdikti, Ainun Na'im dan Deputi Menteri Pendidikan Belarus, Siergey Rudi menandatangani Nota Kesepakatan Kerja sama Pendidikan Tinggi (Dikti) di Belarus State University (BSU), Humas Kemenristekdikti.
Jakarta:  Indonesia dan Belarus akan segera membentuk Tim Pendidikan Tinggi, untuk mengoptimalkan pertukaran informasi program-program pendidikan tinggi di kedua negara. 

"Kerja sama tersebut meliputi perancangan program kurikulum, kerja sama riset bidang pendidikan,  pelaksanaan dialog bersama,  seminar,  konferensi pendidikan tinggi,  program mobilitas dosen,  pelajar, dalam bidang perekayasa (engineering),  pertanian, dan teknologi informasi," sebut Menristekdikti, Mohamad Nasir saat bersama Dubes RI untuk Rusia dan Belarus menyaksikan penandatanganan Nota Kesepakatan Indonesia dan Belarus dalam bidang pendidikan tinggi, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat, 16 November 2018.


Sekjen Kemenristekdikti, Ainun Na'im dan Deputi Menteri Pendidikan Belarus, Siergey Rudi menandatangani Nota Kesepakatan Kerja sama Pendidikan Tinggi (Dikti) tersebut di Belarus State University (BSU).  Dalam pertemuan bilateral antara Delegasi Indonesia dan Belarus dikemukakan, bahwa kerja sama antara institusi pendidikan tinggi Indonesia Belarus sangat penting.  

"Salah satunya untuk menghasilkan generasi milenial Indonesia-Belarus yang memiliki kompetensi andal dan berkualitas," papar Ainun.

Baca: Program World Class Professor Perkuat Publikasi Nasional

Perjanjian kerja sama pendidikan tinggi Indonesia dan Belarus ini juga merupakan tindak lanjut pertemuan Komisi Bersama Indonesia-Belarus dalam bidang Perdagangan, Ekonomi, dan  Iptek di Jakarta, 17 Oktober 2017 lalu.

Tujuan dari kerja sama pendidikan tinggi Indonesia-Belarus adalah membuka kesempatan bagi generasi muda kedua negara dalam mendapatkan pengalaman global dengan menempuh pendidikan pelatihan, maupun kerja sama di Indonesia dan Belarus. "Sebab penguasaan ilmu pengetahuan dan pengembangan intelektual generasi muda penting untuk membangun masa depan Indonesia, Belarus dan dunia," terangnya.

Dalam pertemuan bilateral dengan pihak Kementerian Pendidikan Belarus dan BSU,  juga dikemukakan keinginan bersama dari BSU dan ITB (Institut Teknologi Bandung) untuk menindak lanjuti kerja sama ini melalui perjanjian teknis antarperguruan tinggi. 




(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id