Ketiga praktisi itu terlibat dalam kegiatan webinar literasi digital untuk komunitas dan masyarakat di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Webinar diselenggarakan pada Senin, 14 November 2022 dengan tema "Tips Dunia Digital: Sosial Media Management".
Webinar dihadiri lebih dari 1.300 orang dari berbagai kelompok masyarakat atau komunitas di wilayah Sumatra. Ketiga praktisi yang memberikan edukasi adalah Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, Rizki Nugroho; Business Consultant dan Praktisi Literasi Digital, Syarif Maulana; serta Ketua Program Studi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta; Bayu Sutjiatmo.
Syarif Maulana membahas tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif cakap digital. "Sosial media manajemen adalah suatu aktivitas pengelolaan, pengembangan, dan perencanaan semua platform sosial media untuk memperkenalkan atau mempromosikan perusahaan atau brand," kata Syarif.
Menurutnya, terdapat lima hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan sosial media manajemen. Pertama, memastikan manajemen sosial media yang dilakukan dapat meningkatkan brand awareness.
Kedua, menggunakan sosial media sebagai alat promosi, informasi, dan berita yang praktis. Ketiga, utilisasi sosial media harus mampu meningkatkan penjualan.
Keempat, sosial media digunakan untuk memperkenalkan usaha secara luas. "Terakhir, selalu ingat bahwa media sosial itu merupakan cerminan kualitas dan jati diri brand," kata Syarif.
Rizki Nugroho memperkaya pembahasan mengenai tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif etika digital. Menurutnya, sosial media bertujuan membantu peningkatan awareness dan penjualan. Dalam pelaksanaannya, lanjut Rizki, media sosial sepatutnya menerapkan etika dalam berinternet dalam setiap proses kreatifnya.
Dia memaparkan ada tiga hal yang perlu dilakukan agar tetap beretika dalam melakukan sosial media manajemen. Pertama, hindari membuat konten promosi yang negatif.
Kedua, berikan informasi yang jelas agar mudah dimengerti dan tidak menimbulkan mispersepsi. "Terakhir, selalu jujur dan hindari plagiasi dalam membuat konten pemasaran," kata Rizki.
Bayu Sutjiatmo melengkapi pembahasan mengenai tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif keamanan digital. Menurutnya, ada tiga aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan sosial media.
Pertama, selalu mengaktifkan dan menggunakan pengamanan yang berjenjang kepada setiap platform kita. Kedua, selalu memperbarui password.
"Terakhir, selalu waspada jika mendapatkan link atau web yang bukan dari sumber yang tepercaya,” ujar Bayu.
Baca: Tingkatkan Daya Saing, Pelaku Bisnis UKM Perlu Punya Literasi Digital
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program Indonesia Makin Cakap Digital pada 2021. Dalam perjalanannya, program literasi digital telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten/kota dan 34 provinsi di seluruh Indonesia.
"Program ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital," kata Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abriijani Pengerapan.
Survey nasional oleh Kominfo bersama Kata Data pada 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level sedang dengan skor 3,49. Skor itu meningkat jika dibandingkan dengan kondisi serupa pada 2020 yang menunjukkan skor 3,46.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id