Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Januari 2021, DKI Jakarta Izinkan Sekolah Tatap Muka

Ilham Pratama Putra • 23 November 2020 11:20
Jakarta: Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memutuskan untuk memperbolehkan sekolah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021. Namun, sekolah yang akan buka bakal dievaluasi terlebih dahulu kesiapannya.
 
"Kami akan memutuskan bahwa Januari ini dibuka bagi sekolah yang memang sudah siap. Namun, tentunya sekolah akan dievaluasi kesiapannya terlebih dahulu," kata Kepala Disdik DKI Jakarta, Nahdiana dalam diskusi daring Persiapan Buka Sekolah di Tengah Pandemi, Minggu, 22 November 2020.
 
Evaluasi yang dilakukan antara lain terkait kesiapan sarana dan prasarana sanitasi dan kebersihan sekolah. Selain itu, pihaknya ingin memastikan sekolah yang mengajukan diri untuk dibuka mampu menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Juga harus mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, lalu memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang berpotensi menimbulkan penularan serta mendapatkan persetujuan orang tua atau wali," lanjutnya.
 
Pembukaan sekolah juga harus berlandaskan kesehatan peserta didik. Jika tidak bisa memperhatikan kesehatan peserta didik, maka sekolah tidak diizinkan untuk melakukan PTM.
 
"Tentunya anak-anak harus sehat dulu sebelum dia belajar, itu yang akan kami sampaikan ya, sehat dulu atau nanti sekolahnya enggak dibuka di Januari," ucapnya.
 
Baca: KPAI Minta Pembukaan Sekolah Perhatikan Lima Kesiapan
 
Terkait berapa sekolah yang akan dibuka, Nahdiana menyebut pihaknya masih dalam proses asesmen. Dia meminta Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri ini dijadikan acuan sekolah untuk bisa kembali dibuka.
 
"Insyaallah dengan asesmen kami, kami ada beberapa sekolah (buka) ketika dia siap, itu yang kami tidak bisa disampaikan saat ini apakah sekolah ini bisa dibuka. Patokannya adalah kesiapan secara protokol kesehatan," tutur dia.
 
Pemerintah memutuskan mengizinkan kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka per Januari 2021 meski pandemi covid-19 belum mereda. Izin itu diberikan lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri pada 20 November 2020.
 
SKB 4 Menteri itu ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. SKB 4 Menteri itu juga telah direstui oleh Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif