Plt Kepala Pusat Riset Kedokteran Pre-klinis dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Harimat Hendarwan. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Plt Kepala Pusat Riset Kedokteran Pre-klinis dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Harimat Hendarwan. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

BRIN: Belum Ada Terapi yang Tepat untuk Hepatitis Akut

Pendidikan penelitian BRIN Hepatitis Akut
Ilham Pratama Putra • 12 Mei 2022 15:56
Jakarta: Plt Kepala Pusat Riset Kedokteran Pre-klinis dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Harimat Hendarwan, menyatakan diperlukan terapi yang tepat untuk pasien pengidap hepatitis akut misterius. Namun, sejauh ini belum ada terapi yang tepat.
 
"Kita harus menentukan terapi yang tepat. Terapi yang ada saat ini hanya berdasarkan kondisi pasien," ujar Harimat dalam konferensi pers daring BRIN, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Harimat menyebut diperlukan juga pengamatan lebih intens terkait hepatitis akut. Hal itu agar pengobatan dan pencegahan lebih spesifik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perlu juga pengamatan atas kasus terjadi agar penyebab penyakit ini dapat dikonfirmasi dan juga langkah pencegahan yang spesifik dapat dilakukan," tutur dia.
 
Harimat menyebut ilmuwan menduga hepatitis akut didasari oleh Adenovirus. Dia menuturkan bila benar, penyakit ini kebal dengan alkohol base pada hand sanitizer yang selama ini digunakan untuk membersihkan tangan mencegah covid-19.
 
"Ada satu hal yang bisa kita catat dari virus ini adalah cenderung tahan lama pada permukaan dan alkohol based dan hand sanitizer tidak bekerja dengan baik," ujar Harimat.
 
Dia menyebut dalam upaya pencegahan diperlukan perhatian lebih soal kebersihan. Harimat menyebut sebaiknya mencuci tangan dengan air dan sabun.
 
Baca: Tak Mempan dengan Hand Sanitizer, Ini Langkah Pencegahan Hepatitis Akut
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif