Kampus Universitas Airlangga. DOK Unair
Kampus Universitas Airlangga. DOK Unair

Sejarah Panjang FK Unair, Berniat Masuk? Ini Jalur yang Disediakan

Renatha Swasty • 21 Februari 2022 17:02
Jakarta: Universitas Airlangga (Unair) memiliki beberapa fakultas unggulan, salah satunya Fakultas Kedokteran. Bahkan, Fakultas Kedokteran di Unair merupakan tertua kedua di Indonesia.
 
"Namun, bukan masalah umurnya, tapi sejarah panjang yang membentuk FK Unair dengan segala perkembangan yang ada di dalamnya,” kata Dekan FK Unair Budi Santoso dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 21 Februari 2022.
 
Budi menuturkan FK Unair diresmikan Presiden Soekarno dan mantan Menteri Pendidikan  Muh. Yamin pada 1954. “Plakat tanda tangan peresmian bahkan sampai sekarang masih tersimpan di gedung fakultas,” kata Budi.

Puluhan publikasi

Budi menyebut dengan sejarah panjang tersebut, FK Unair telah menjadi bagian dalam pengembangan pendidikan kedokteran di kancah nasional maupun internasional. Sampai 2021, FK Unair telah mempublikasikan sekitar 80 jurnal penelitian internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini menempatkan FK Unair di urutan pertama fakultas dengan publikasi jurnal penelitian internasional terbanyak di Unair.
 
“Kalau bicara tentang pengetahuan dan skill, FK Unair ini terkenal skill-nya beda. Kalau dari Unair, skill-nya mantap semua. Jadi, silakan berproses bagi yang berminat di bidang kedokteran,” kata Budi.

Beragam jalur masuk

FK Unair menyediakan sejumlah jalur penerimaan mahasiswa baru. Meliputi jalur internasional I, SNMPTN, SBMPTN, mandiri regular, mandiri kemitraan, dan jalur internasional II.
 
“Untuk jalur pendaftaran internasional, kegiatan perkuliahan menggunakan pengantar bahasa Inggris dengan kompetensi mahasiswa yang diakui di luar negeri,” kata Budi.
 
Budi menyebut tahun ini FK Unair resmi membuka jalur penerimaan untuk program double degree. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan baik di FK Unair maupun di University of Melbourne Faculty of Medicine, Dentistry, and Health Sciences. FK Unair juga menyediakan jalur golden ticket bagi siswa berprestasi.
 
Budi menyebut selain unggul dalam bidang akademik, FK Uniar memandang pentingnya mengasah soft skill serta bakat dan minat mahasiswa. “Di FK Unair, banyak unit kegiatan yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat mereka,” ujar dia.
 
Budi berpesan siswa yang ingin mendaftar di FK Unair memiliki niat tulus menjadi seorang dokter. “Menjadi dokter bukan sarana memperkaya diri tapi bagaimana bisa berbuat baik kepada masyarakat sehingga bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara,” kata dia.
 
Baca: FK Unair Buka Jalur Double Degree dengan Melbourne University, Cek Syaratnya
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif