Universitas Airlangga Ilus. DOK Unair
Universitas Airlangga Ilus. DOK Unair

FK Unair Buka Jalur Double Degree dengan Melbourne University, Cek Syaratnya

Renatha Swasty • 21 Februari 2022 11:25
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) menyediakan jalur masuk double degree untuk mahasiswa S1. Jalur double degree ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan dua gelar saat lulus dari FK Uniar, yakni sarjana kedokteran dari FK Unair dan Melbourne University.
 
Mahasiswa yang masuk melalui jalur double degree bakal diajar oleh dosen dari internal FK Unair dan Melbourne University. Dalam proses pembelajaran, mahasiswa akan berkuliah di FK Unair sampai semester 5. Kemudian, mengambil studi satu tahun di Melbourne University.
 
"Saat belajar di FK Unair juga akan mendapatkan perkuliahan dari dosen Melbourne University melalui Zoom," kata Dekan FK Unair Budi Santoso dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 21 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menuturkan syarat menjadi mahasiswa double degree. Pertama, mampu secara akademis.
 
Mahasiswa harus memenuhi standar akademis tertentu sehingga layak menjadi mahasiswa kedokteran. Kemampuan bahasa Inggris juga sangat diutamakan.
 
Kemudian, mampu secara finansial. Sebab, biaya SPP yang dibebankan mengikuti biaya yang dibebankan Melbourne University.
 
“Kalau dikurskan ke dalam rupiah adalah Rp580 juta," beber dia.
 
Budi menyebut ada perbedaan sistem penerimaan double degree tahun lalu dengan tahun ini. Tahun lalu, mahasiswa ditawarkan di tengah perkuliahan berjalan.
 
Tahun ini langsung diseleksi di awal. Sehingga, mahasiswa yang masuk memang benar-benar berkomitmen mengambil program tersebut.
 
Budi mentahaian kuota jalur double degree tahun ini dibuka untuk 10-20 orang. FK Unair tengah berdiskusi lagi dengan Melbourne Uniersity untuk jumlah pasti.
 
Dia mengatakan FK Unair dan Melbourne University memiliki tujuan yang sama dalam mendidik calon dokter masa depan berkualitas. Akhirnya, lahirlah MoU pada kedua belah pihak. Dalam MoU, ada kesepakatan pertukaran pelajar antara FK Unair ke Melbourne Uniersity maupun sebaliknya.
 
Baca: UNAIR Buka Program Internasional Student Exchange Hingga Double Degree
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif