Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Universitas Lambung Mangkurat Beri Kuota Khusus untuk Hafiz

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi
Antara • 19 Mei 2021 19:19
Banjarmasin:  Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan menyediakan kuota khusus bagi penghafal Al-qur'an untuk menjadi calon mahasiswa baru di jalur mandiri tahun akademik 2021-2022.
 
Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ULM sendiri resmi dibuka pada 2 Juni 2021. "Silakan daftar termasuk ada kuota khusus bagi para hafiz," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Aminuddin Prahatama Putra di Banjarmasin, Rabu, 19 Mei 2021.
 
Seleksi jalur mandiri di perguruan tinggi negeri terbaik di Kalimantan itu terdiri dari program Sarjana dan Diploma Tiga (D3). Sistem seleksi untuk kategori reguler berupa Ujian Tertulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan ujian keterampilan menggunakan portofolio untuk pilihan program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dan Program Studi Pendidikan Seni, Drama Tari dan Musik.  Sementara itu kategori prestasi tahfiz Al Qur'an 30 juz, tes hafalan Al Qur'an 30 juz diseleksi oleh Tim Hafiz (Mutqin 30 juz).
 
Peserta juga wajib melampirkan bukti tanda lulusan tahfiz Al Qur'an 30 juz dari lembaga, yayasan atau Pondok Tahfiz.  "Calon mahasiswa juga diharuskan membuat surat pernyataan untuk murojaah atau menjaga hafalan selama mengikuti pendidikan di ULM," tutur Aminuddin mewakili Rektor ULM, Sutarto Hadi.
 
Baca juga:  Matangkan Persiapan, ITB Bakal Kuliah Tatap Muka Semester Depan
 
Kelompok ujian pada UTMBK dibagi menjadi tiga. Pertama kelompok ujian sains dan teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
 
Kelompok ujian sosial dan humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Sementara kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif