Siswa PAUD mewarnai di dalam Museum Nasional. Medcom,id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Siswa PAUD mewarnai di dalam Museum Nasional. Medcom,id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

1.000 Siswa PAUD Diajak Keliling Museum Nasional

Pendidikan PAUD
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 Agustus 2019 11:10
Jakarta: Sebanyak 1.000 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti kegiatan "PAUD Goes to Museum" kunjungi Museum Nasional. Kegiatan ini merupakan program Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kemendikbud untuk menanamkan semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air.
 
"Ide awalnya, bagaimana anak-anak usia dini kita sejak awal telah tertanam pada dirinya, semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air," kata Direktur Pembinaan PAUD, Kemendikbud, Muhammad Hasbi, di Museum Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 14 Agustus 2019.
 
Kegiatan ini juga sebagai bentuk respons dan upaya mengatasi isu-isu radikalisme pada anak usia dini. Pasalnya, banyak yang mempertanyakan bagaimana pengajaran nasionalisme dan cinta Tanah Air sejak usia dini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga mereka tumbuh dan berkembang menjadi generasi Indonesia yang cinta bangsa juga memiliki wawasan yang kuat," ujarnya.
 
Kegiatan ini juga sekaligus memperingati kemerdekaan Indonesia ke-74. Sementara untuk pemilihan museum, Hasbi mengatakan, museum memiliki cerita sejarah sejak pertama kali bangsa kita ada sampai sekarang. Selain itu juga mempopulerkan kegiatan berkunjung ke museum bagi orang tua dan anak.
 
"Ini merupakan wisata alternatif bagi anak anak," kata Hasbi.
 
Baca:Pramuka Alternatif Program Penguatan Pendidikan Karakter
 
Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini seragam menggunakan pakaian Pramuka. Sebab acara bertepatan dengan peringatan hari Pramuka ke-58.
 
"Kita melakukan apresiasi terhadap hari pramuka juga, kita punya program prasiaga akan segera diluncurkan. Pasiaga ini nanti akan menjadi momen bagi anak anak untuk mengenal nilai-nilai kepramukaan di masa datang," jelasnya.
 
Selain mengikuti tour museum, para siswa juga mengikuti sejumlah kegiatan interaktif. Seperti merangkai manik-manik, membuat souvenir dari tanah liat dan mewarnai gambar. Hasil karya para siswa PAUD tersebut dapat dibawa pulang dan akan menjadi souvenir kenang-kenangan seumur hidupnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif