KPAI: Belum Banyak Anak yang Kembali Bersekolah
Komisioner KPAI bidang Pendidikan, Retno Listyarti, Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memantau aktivitas belajar mengajar, saat berkunjung ke lokasi bencana di Sulawesi Tengah.  Hampir sebagian besar aktivitas pembelajaran di sana belum berjalan normal.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti mengatakan sejak kunjungan pertamanya dari 20 hingga 22 Oktober di Sulteng, masih banyak anak-anak yang belum masuk sekolah. Jumlah anak-anak yang sudah masuk sekolah kurang dari 20%, dari total siswa di salah satu sekolah di Kabupaten Sigi, Sulteng.


“Misalnya SMKN 1 Sigi, yang mengalami kerusakan mencapai 95%, jumlah siswa yang sudah masuk sekolah 161, dari total 860 siswa,” kata Retno dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Senin, 22 Oktober 2018.

Baca: Sulteng Darurat Tenda Kelas Sementara

Jumlah siswa yang selamat pun masih belum bisa diketahui. Karena banyak siswa yang ikut orangtuanya pindah sementara ke luar Sulteng.

“Seperti salah satu SLB Negeri di Palu yang memiliki 100 siswa berkebutuhan khusus, sampai minggu, 21 Oktober 2018 baru bisa memastikan 5 siswanya selamat,” terang Retno.

Sementara itu, sekolah di Sulteng yang hanya mengalami kerusakan ringan sudah memulai pembelajaran dengan KPAI, yaitu pembelajaran psikososial.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id