Chocolatos X-Quest. Foto: GarudaFood
Chocolatos X-Quest. Foto: GarudaFood

Belajar Tak Harus di Kelas, Intip Yuk Wisata Edukasi Bernuansa Pabrik di Sumedang

Citra Larasati • 04 Desember 2025 17:53
Jakarta:  PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) membuka Chocolatos X-Quest, wahana eduwisata berbasis teknologi LED Imersif 5DX-perience, yang terintegrasi di pabrik Garudafood Sumedang - Jawa Barat. Wahana edukasi ini membuka kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat, untuk merasakan pengalaman baru, dalam mengenal proses industri secara lebih dekat, interaktif, dan inspiratif.
 
"Karena kami percaya, bahwa pendidikan tidak boleh berhenti di ruang kelas. Pendidikan harus hidup, bergerak, dan menginspirasi," kata Direktur Utama Garudafood, Hardianto Atmadja dalam siaran persnya, dikutip Kamis, 4 Desember 2025.
 
Oleh karena itu, pihaknya menghadirkan sebuah learning experience, yang bukan hanya memberi informasi, tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu, dan semangat eksplorasi generasi muda. 

Chocolatos X-Quest dirancang dengan konsep industrial learning journey dipadukan dengan teknologi tinggi LED Immersif 5DX-perience, dengan pengalaman langsung di lingkungan industri.
 
Nuansa pabrik akan berpadu dengan atmosfer antariksa futuristik dengan dukungan teknologi visual modern. Kemudian pengunjung juga akan diajak berpetualang memasuki dunia Chocolatos melalui Chocolatos X-Gondola. Sebuah wahana LED immersif berteknologi tinggi, dengan multisensori 5D. Menggabungkan visual imersif interaktif, audio spasial, serta efek fisik, seperti panas, getaran, dan aroma.
 
Pengunjung juga dapat menjelajahi dunia Clevo, melalui Wahana Clevo X-Dream Farm, dan Clevo X-Dream Space. Di Clevo X-Dream Farm, peserta akan berkunjung ke dunia Clevo melalui kacamata 3D, yang dilengkapi dengan games interaktif berbasis teknologi LiDAR. Sehingga, peserta akan mendapatkan pengalaman edukatif yang interaktif, natural serta mendalam.
 
Sedangkan Clevo X-Dream Space, menyuguhkan layar LED 360 dengan teknologi interaktif ‘scan-to-animation’, yang memungkinkan gambar yang telah diwarnai peserta dipindai dan langsung muncul sebagai animasi digital pada layar LED secara real-time. 
 
”Ini benar-benar menggugah kembali passion saya terhadap pengembangan pendidikan yang inklusif, kreatif, dan relevan bagi generasi muda Indonesia. Bahwa ilmu bisa didapatkan dimana saja, bisa melalui pengalaman langsung atau pengamatan melalui panca indera seperti di Chocolatos X-Quest ini,” ujar Brand Ambassador Chocolatos, Cinta Laura.
 
Garudafood juga menyediakan area merchandise store sebagai ruang bagi pengunjung, yang ingin membeli secara langsung produk Garudafood, serta koleksi merchandise edisi terbatas bertema X-Quest. Masih di area yang sama, Garudafood juga menghadirkan Chocolatos Café di mana pengunjung dapat langsung menikmati kelezatan produk Chocolatos melalui berbagai menu kreasi sajian makanan dan minuman yang menggugah selera.
 
“Semoga Garudafood terus berkembang dan produknya semakin menjadi favorit bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Saya juga berharap kehadiran perusahaan ini dapat menumbuhkembangkan industri di Jawa Barat secara lebih luas, sehingga memberikan nilai ekonomi dan manfaat sosial bagi masyarakat,” ujar Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi .
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan