Seorang siswa SD tengah mengerjakan tugas di selasar kelas, MI/Rommy Pujianto.
Seorang siswa SD tengah mengerjakan tugas di selasar kelas, MI/Rommy Pujianto.

Langganan Nilai Tertinggi, SD Kartika Jadi Percontohan di Jakarta

Pendidikan USBN SD
Intan Yunelia • 14 Juni 2019 12:38
Jakarta: Sekolah Dasar (SD) Kartika VIII-2, Jakarta Timur menjadi salah satu percontohan sekolah terbaik di Jakarta. Setiap tahun sekolah ini rutin melahirkan siswa dengan raihan nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD tertinggi.
 
“Jadi nilai tertinggi USBN masih didominasi oleh SD Kartika. Dari tahun ke tahun selalu itu yang tertinggi,” kata Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Didih Hartaya kepada Medcom.id,Jumat, 14 Juni 2019.
 
Didih mengakui meski bukan sekolah negeri, SD Kartika sudah teruji kualitasnya. Tak heran banyak orangtua murid yang menitipkan anaknya bersekolah di sana. Dari sisi kualitas, SD Kartika pun bisa dikatakan di atas rata-rata sekolah negeri pada umumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Siswa SD Kartika VIII-2 Raih Nilai USBN Tertinggi se-DKI
 
“Memang orangtua pasti memilih sekolah dari kualitasnya. Dari segi kualitasnya SD Kartika VIII-2 memang di atas rata-rata sekolah yang lain," ujar Didih.
 
Namun Didih enggan menyimpulkan, bahwa kualitas sekolah swasta lebih baik dari sekolah negeri. Sekolah Dasar negeri di Jakarta pun banyak yang berkualitas. Hal itu berpulang bagaimana kualitas pendidik di sekolah tersebut.
 
“Tidak semua swasta berkualitas. Ada swasta lain yang masih jauh di bawah negeri,” terang Didih.
 
Baca:SD di Jakarta Selatan Dominasi Nilai USBN Tertinggi
 
Tak hanya peran guru dan kepala sekolah yang menjadi kunci suksesnya sebuah sekolah. Namun juga campur tangan dari orangtua murid di dalam pendidikan sang anak.
 
Kan swasta yang sehat didukung oleh orangtua, proses pembelajaran layanan pendidikannya itu berjalan kondusif dan baik sehingga korelasi dengan hasil belajar juga cukup bagus,” pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif