Suasana siswa belajar di dalam kelas.
Suasana siswa belajar di dalam kelas.

Pendaftaran SNMPTN Telah Ditutup, Saatnya Persiapkan UTBK

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Citra Larasati • 20 Februari 2019 19:53
Jakarta: Rangkaian proses pendaftaran hingga finalisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah ditutup, Selasa, 19 Februari 2019, pukul 22.00 WIB. Kini saatnya para siswa bersiap untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) yang tahun ini 100 persen digelar menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
 
"Mulai tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)," kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi, di Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.
 
UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik, untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Quipper Siapkan Latihan Soal HOTS untuk SBMPTN
 
Pelaksana UTBK mulai tahun ini juga dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Tahun ini, SBMPTN memiliki aturan baru, tidak lagi mendaftar untuk mengikuti tes, melainkan mengikuti tes UTBK dulu baru hasilnya digunakan mendaftar ke PTN yang diminati.
 
Ravik menjelaskan, aturan baru tersebut di antaranya, tes dilakukan lebih dari satu kali, peserta mengikuti maksimal dua kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 hari setelah pelaksanaan tes. "Setelah mengetahui skornya, baru memilih PTN dan prodi yang sesuai dengan minat dan kemampuan," ungkap Ravik.
 
Menurut Ravik, tujuan SBMPTN dengan UTBK adalah agar dapat memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. "Juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes " kata Ravik.
 
Lihat Video:
 


 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif