Siswa SMA tengah belajar di dalam kelas.
Siswa SMA tengah belajar di dalam kelas.

Quipper Siapkan Latihan Soal HOTS untuk SBMPTN

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019
Citra Larasati • 20 Februari 2019 06:47
Jakarta: Perubahan yang terjadi dalam sistem penerimaan siswa baru rupanya juga ditangkap sebagai peluang bisnis oleh Quipper. Perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan teknologi ini melalui layanannya ikut membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi momentum penting tersebut.
 
Head of Content Quipper Indonesia Pipit Indrawati mengatakan, pihaknya melakukan persiapan yang sangat serius terkait konten. Khusus untuk SBMPTN, ia mempersiapkan paket intensif SBMPTN 2019 yang berisi paket prediksi soal, tryout, bank soal SBMPTN sebelumnya, serta tips dan trik cara mengerjakan soal.
 
"Tim konten juga telah menyiapkan konten soal yang mengandung materi High Order Thinking Skills (HOTS) sesuai dengan arahan pemerintah," kata Pipit di sebuah diskusi pendidikan di Jakarta, Selasa 19 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Jutaan Warganet Kepoin SNMPTN dan SBMPTN di Google
 
Pipit juga menambahkan bahwa Quipper juga menyiapkan fitur Quipper Video Masterclass untuk membantu siswa memperdalam pembelajarannya secara personal, melalui tutor dan kakak pembimbing yang siap berkomunikasi langsung via chat di aplikasi.
 
Dalam diskusi tersebut hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Padjadjaran, Arry Bainus dan Horale Tua Simanullang, Kepala Sekolah SMAN 61 Jakarta. Keduanya mengaku bahwa PTN dan sekolah telah siap menerima perubahan sistem dan melakukan sosialisasi kepada para peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru.
 
Diharapkan dengan berbagai persiapan yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah, peralihan sistem ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memudahkan calon mahasiswa.Pipit juga berharap perubahan sistem ini dapat berjalan secara berkesinambungan.
 
Untuk diketahui, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menghapus ujian tulis berbasis cetak dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Tes masuk di jalur SBMPTN tahun depan 100 persen akan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
 
Baca:Tes SBMPTN Tahun Depan 100% Berbasis Komputer
 
"Terkait SBMPTN hanya akan ada satu jenis tes, yakni UTBK. Tidak ada lagi ujian tulis berbasis cetak," tegas Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi, dalam konferensi pers Seleksi Masuk Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2019, di Jakarta, Senin, 22 Oktober 2018.
 
Penyelenggaraan UTBK dibagi menjadi 24 kali penyelenggaraan di 2019, dibuka mulai Maret-Juni 2019. Lokasi ujian tersebut disebar di 85 PTN di seluruh Indonesia, ada 12 hari yang akan ditetapkan sebagai hari penyelenggaraan tes tersebut.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif