Ilustrasi puasa. Freepik
Ilustrasi puasa. Freepik

Dokter RSA UGM Bagikan Tips Berpuasa Bagi Penderita Mag

Pendidikan ramadan puasa kesehatan perut UGM Ramadan 2022 Puasa 2022
Renatha Swasty • 19 April 2022 09:28
Jakarta: Puasa Ramadan mengharuskan umat muslim menahan haus dan lapar. Seringkali penderita mag khawatir kambuh ketika berpuasa.
 
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Akademik Universtas Gadjah Mada (UGM) Isti Haryani membagikan tips puasa bagi penderita mag. Isti menjelaskan kondisi lambung yang kosong dapat menaikkan asam lambung.
 
Kondisi perut yang kosong selama lebih kurang 12 jam bisa membuat asam lambung bergejolak, memengaruhi lambung, dan area sekitarnya. Alhasil, orang yang mengalaminya dapat merasa tidak nyaman, perut terasa penuh, terasa perih, atau sampai menimbulkan rasa mual dan muntah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan untuk mencegah hal tersebut, penderita sakit mag diharapkan tidak melewatkan sahur. Serta dapat berbuka puasa tepat waktu.  
 
“Pertama, jangan sampai melewatkan waktu makan sahur dan berbuka ketika sudah sampai pada waktunya. Jadi, usahakan berbuka puasa setepat waktu mungkin, supaya jangan sampai perut dalam kondisi kosong dalam waktu yang lama,” tutur Isti dikutip dari laman ugm.ac.id, Selasa, 19 April 2022.
 
Kedua, jangan makan terburu-buru, serta makan dengan porsi secukupnya. Ketiga, tidak rebahan atau tidur-tiduran setelah makan.
 
Perilaku tersebut akan memudahkan asam lambung naik ke atas dan mengakibakan keluhan nyeri atau rasa tidak nyaman. Keempat, konsumsi makanan dan minuman yang ramah dengan lambung.  
 
“Hindari makanan-makanan berminyak seperti gorengan, kemudian makanan yang terlalu asam atau pedas, dan juga jauhi minuman bersoda serta minuman yang mengandung kafein,” kata Isti.
 

Olahan limbah cangkang telur jadi obat mag

Mahasiswa UGM pernah meneliti pemanfaatan limbah cangkang telur sebagai obat sakit mag. Penelitian tersebut dilakukan tim mahasiswa yang terdiri atas Izzaturrohmah K A (Fakultas Farmasi), Rosalia Fransisca I (Fakultas Biologi), Sheila Meirizkam(FEB), Dika Sotyasakti (Fakultas Farmasi), dan Bustomi Laimeheriwa (FTP).
 
Penelitian tersebut dikompetisikan dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Penelitian pada 2016. Dalam penelitian itu, cangkang telur diketahui memiliki kandungan kalsium karbonat yang sangat banyak.
 
Kalsium karbonat tersebut biasa digunakan sebagai antasida atau zat yang berfungsi menetralkan asam lambung. Lantaran khasiat itu, mereka mencoba mengolah limbah cangkang telur menjadi tablet (obat).  
 
Hasilnya menakjubkan. Setelah melalui uji simulasi asam lambung, obat mag buatan tim ternyata dapat menetralkan asam lambung hanya dalam 6 menit.
 
Baca: Mau Kulit Tetap Sehat dan Glowing Saat Puasa? Simak Tips dari Dokter RS UNS
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif