Ilustrasi wajah glowing, Freepik
Ilustrasi wajah glowing, Freepik

Mau Kulit Tetap Sehat dan Glowing Saat Puasa? Simak Tips dari Dokter RS UNS

Pendidikan kesehatan kulit UNS Ramadan 2022 Puasa 2022
Renatha Swasty • 18 April 2022 10:24
Jakarta: Pernahkah Sobat Medcom merasakan kulit kering saat berpuasa? Selama puasa Ramadan, selain menjaga stamina tubuh, kesehatan kulit juga perlu diperhatikan.
 
Pasalnya, ketika tubuh kekurangan cairan bukan tidak mungkin hal tersebut menjadi salah satu penyebab kulit kering bahkan menimbulkan permasalahan kulit lainnya.
 
Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Alamanda Murasmita memberikan tips menjaga kulit tetap sehat dan glowing saat berpuasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebanyak empat tips glowing anti kering saat puasa dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, memperhatikan asupan nutrisi, istirahat malam yang cukup, serta menggunakan pelembab dan sunscreen,” ujar Alamanda dikutip dari laman uns.ac.id, Senin, 18 April 2022.

1. Penuhi kebutuhan cairan

Alamanda menyarankan tetap minum 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air putih setiap hari selama bulan puasa dengan konsep 2-4-2. Sebanyak 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

2. Perhatikan asupan nutrisi

Menjaga nutrisi kulit dari dalam juga tak kalah penting. Hal ini untuk menjaga kelembapan alami kulit supaya tampak sehat dan terlihat awet muda. Caranya, memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan vitamin. Serta mengurangi konsumsi kafein.

3. Istirahat malam yang cukup

Tidur malam yang cukup dapat memperlambat atau mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu, juga memungkinkan proses perbaikan jaringan kulit berjalan lebih optimal. Dengan tidur malam yang cukup bisa membuat kulit semakin sehat dan bersinar.

4. Gunakan pelembab dan sunscreen teratur

Sesuai namanya menggunakan pelembab dapat membuat kelembapan kulit kita tetap terjaga. Serta penggunaan sunscreen teratur dapat mencegah dampak buruk yang ditimbulkan dari paparan sinar UV. Pemakaian sunscreen yang benar juga membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Namun, tetap pilihlah pelembap dan sunscreen sesuai dengan kebutuhan kulit.
 
Itulah tips supaya kulit tetap sehat dan glowing selama puasa. Meksipun tengah berpuasa, jangan sampai kulit ikut 'puasa' juga ya.
 
Baca: Tips Sehat Makan Gorengan Saat Buka Puasa dari Ahli Gizi Unair
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif