Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril. Zoom
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril. Zoom

Revolusi Industri 4.0 Momentum Perubahan Ekosistem Pendidikan

Pendidikan Revolusi Industri 4.0 Kebijakan pendidikan Kualitas Pendidikan Program Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 29 September 2021 11:47
Jakarta: Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril mengatakan revolusi industri 4.0 menjadi momentum perubahan ekosistem pendidikan. Caranya, dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.
 
"Revolusi Industri 4.0  merupakan sebuah momentum terjadinya perubahan besar dalam penggunaan teknologi pada ekosistem pendidikan di Indonesia," kata Iwan dalam Webinar Nasional Menuju Transformasi Digital Pamong Belajar Wujudkan Merdeka Belajar, Rabu 29 September 2021.
 
Menurutnya, penggunaan teknologi untuk ekosistem pendidikan harus terjadi menyeluruh. Ia bilang, para guru harus tergerak untuk belajar berbagi dan berkolaborasi melakukan eksperimentasi dengan menggunakan teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: PTM Terbatas, Sekolah dan Orang Tua Wajib Perketat Prokes Anak
 
Iwan menyebut guru yang mampu mengambil bagian dari perubahan dan proses ekosistem pendidikan itu sebagai pamong belajar. Dia berharap pamong belajar mengambil peran yang nyata.
 
"Pamong belajar hadir sebagai pendidik yang tangguh pada sektor nonformal dan informal dengan menunjukkan semangat juang untuk beradaptasi walaupun dengan segala kondisi yang tidak mudah dan penuh keterbatasan," tuturnya.
 
Iwan yakin transformasi dapat terjadi. Dengan syarat, mindset dan pola pikir guru bergerak untuk memanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
 
"Melakukan transformasi pendidikan, pemanfaatan teknologi menjadi poin penting dalam transformasi," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif