PPDB di salah satu sekolah di Solo, Medcom.id/Pythag Kurniati.
PPDB di salah satu sekolah di Solo, Medcom.id/Pythag Kurniati.

PPDB Online SD-SMP di Solo Tak Pakai Adu Cepat

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Pythag Kurniati • 17 Juni 2019 17:19
Solo: Sistem adu cepat mendaftar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi kontroversi di sejumlah daerah. Namun di Solo, aturan tersebut tidak diterapkan untuk PPDB online SD dan SMP.
 
Pemkot Solo murni menggunakan zonasi untuk menentukan peringkat peserta PPDB. "Walaupun mendaftar terakhir tapi rumahnya paling dekat dengan sekolah, dia lebih diutamakan," kata Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Solo, Bambang Wahyono, Senin, 17 Juni 2019.
 
Bambang mengatakan PPDB SD dan SMP di Solo akan dimulai serentak pada 1-3 Juli 2019. "Pendaftaran dilakukan secara online, jadi tidak perlu datang ke sekolah," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati mengatakan pemkot (pemerintah kota) telah menghitung jarak zonasi sampai ke tingkat RT (Rukun Tetangga). Sehingga jika pendaftar melebihi kuota, maka peserta dengan RT terdekat dengan sekolah yang akan diutamakan.
 
"Jarak ini sudah kami hitung, sudah masuk ke dalam sistem. Nanti langsung terlihat peringkatnya berdasarkan jarak terdekat," kata Etty.
 
Baca:Beredar Isu Siswa Diterima Berdasarkan Urutan Mendaftar
 
Pemkot telah membatasi penerbitan kartu keluarga (KK) untuk syarat pendaftaran. "KK harus diterbitkan paling tidak satu tahun terakhir, agar peserta tidak bisa pindah domisili agar diterima di sekolah yang dia inginkan," katanya.
 
Adapun kuota untuk jalur zonasi ialah 90 persen yang terdiri 60 persen reguler dan maksimal 30 persen keluarga miskin (gakin). Kemudian 5 persen untuk jalur prestasi dan 5 persen untuk anak yang ikut pindah orangtua bertugas.
 
"Kuota gakin kita batasi 30 persen, tapi jika tidak terpenuhi akan diisi untuk reguler. Pendaftaran gakin diadakan lebih awal, 19-20 Juni 2019 agar tidak menggangu proses yang reguler," tutupnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif