Laman SBMPTN, Medcom,id/Citra Larasati.
Laman SBMPTN, Medcom,id/Citra Larasati.

Prodi Manajemen dan Akuntansi Masih Jadi Favorit di UNY

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Patricia Vicka • 14 Juni 2019 14:05
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyiapkan 2.048 kursi untuk calon mahasiswa baru S1 untuk diperebutkan di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Prodi Manajemen, Akutansi, Ilmu Komunikasi masih menjadi favorit pilihan pendaftar di UNY.
 
Wakil Rektor I UNY, Margana menjelaskan, pendaftaran SBMPTN dibuka sejak 10 Juni hingga 24 Juni 2019. "Kami menerima calon mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019/2020 melalui jalur SBMPTN sebanyak 2.048 mahasiswa. Itu 40 persen dari total semua calon mahasiswa baru strata satu (S1)," kata Margana di Yogyakarta, Jumat, 14 Juni 2019.
 
Tahun ini, mahasiswa yang hendak mendaftar SBMPTN wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Ujian ini terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:UGM Sediakan 3.090 Kursi untuk Mahasiswa Baru
 
Nilai UTBK menjadi salah satu persyaratan wajib yang harus disertakan dalam pendaftaran SBMPTN. Persyaratan lainnya adalah mengumpulkan ijazah atau surat keterangan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), serta merupakan lulusan SMA maksimal tiga tahun terakhir yakni tahun 2017, 2018 dan 2019.
 
"Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio," katanya.
 
Berkas pendaftaran bisa di unduh di laman https://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id.
Saat pendaftaran, peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dalam satu PTN.
 
Margana menegaskan, peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar lagi di SBMPTN 2019. Sementara untuk pengiriman portofolio dapat diunduh dari laman https://download.sbmptn.ac.id.
 
Margana menjelaskan, UNY memiliki 58 Prodi di jenjang S1. Prodi tersebut terbagi menjadi Sosial humaniora (soshum) serta Saintek (sains dan teknologi). Prodi bidang Soshum favorit yang banyak menjadi incaran calon mahasiswa baru di antaranya Manajemen, Akutansi, Ilmu Komunikasi.
 
Sementara bidang Saintek yang menjadi idaman para calon mahasiswa adalah Biologi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Teknik Sipil.
 
"Masih paling banyak kuota di bidang pendidikan. Karena fokus kami memang mencetak profesional di bidang pendiidkan," katanya.
 
Margana mendorong calon mahasiswa untuk segera mendaftarkan diri dan melengkapi berkas persyaratan. Lantaran waktu pendaftaran yang singkat hanya 14 hari. Pengumuman hasil SBMPTN akan dilangsungkan pada tanggal 9 Juli 2019.
 
"Cermati betul PTN dan prodi yang akan dipilih, Jangan sampai menyesal salah jurusan,"
tegasnya.
 
Ia juga mengingatkan, agar calon mahasiswa waspada jangan sampai tertipu dengan tawaran pihak mana pun yang menjanjikan bisa diterima di PTN dengan membayar sejumlah uang.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif