Akademisi dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Dr. Mohammad Arif Kamarudin (kiri atas) dan Dr. Mohammad Nurman Yaman (kanan atas) dari Universiti Kebangsaan Malaysia, berinteraksi dengan sejumlah dosen peserta pelatihan “Pengenalan Implementasi Multi
Akademisi dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Dr. Mohammad Arif Kamarudin (kiri atas) dan Dr. Mohammad Nurman Yaman (kanan atas) dari Universiti Kebangsaan Malaysia, berinteraksi dengan sejumlah dosen peserta pelatihan “Pengenalan Implementasi Multi

Jalur Mandiri Unpad Pakai Metode 'Multiple Mini Interview'

Pendidikan snmptn Pendidikan Tinggi SNMPTN/SBMPTN 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 02 Juli 2019 08:12
Jakarta: Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menerapkan metode Multiple Mini Interview (MMI) dalam pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri untuk program Sarjana reguler tahun akademik 2019/2020. Seleksi ini akan ditempuh peserta setelah melewati seleksi tahap I, Mobile Assisted Testing (MAT) berbasis android.
 
Dalam MMI nantinya, peserta diharuskan untuk melakukan beberapa wawancara pendek dengan beberapa pewawancara dalam waktu yang berbeda. Selain itu, peserta juga diwawancara pada lokasi yang berbeda dengan melakukan perpindahan tempat atau ruang.
 
“Ada permintaan dari beberapa dekan fakultas bahwa mereka ingin mendapatkan calon peserta didik yang lebih sesuai dengan prodi peminatannya,“ kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arry Bainus, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa, 2 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Metode ini pertama kali dikembangkan oleh McMaster University Medical School pada 2001. Kampus yang berlokasi di Ontario, Kanada ini menggunakan MMI untuk melakukan seleksi calon mahasiswanya.
 
Dipercayai, bahwa metode ini dapat memprediksi secara lebih akurat performa mahasiswa di kelas dan mengetahui kemampuan interpersonal peserta. Metode MMI sudah diadopsi secara global oleh sejumlah kampus terkemuka di seluruh dunia, khususnya untuk melakukan seleksi calon mahasiswa di bidang kesehatan.
 
Arry meyakini, bahwa salah satu metode seleksi untuk mendapatkan calon peserta terbaik adalah dengan menggunakan MMI. “Karena proses seleksi jalur mandiri merupakan kewenangan PTN masing-masing, maka metode MMI dipilih di Unpad,” jelas Arry.
 
(Baca juga:UB Nomor Satu Paling Diminati di SNMPTN dan SBMPTN)
 
Untuk menyiapkan para pengelola fakultas agar dapat mengimplementasikan MMI dengan baik, Unpad mengadakan pelatihan bertajuk “Pengenalan Implementasi Multiple Mini Interview” di Unpad Training Center (UTC) Senin 1 Juli dan Selasa 2 Juli 2019. Dalam pelatihan ini, Unpad mendatangkan Dr. Mohammad Nurman Yaman, dan Dr. Mohammad Arif Kamarudin, dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).
 
"UKM sendiri sudah menerapkan MMI dalam proses seleksi calon mahasiswanya dalam tiga tahun terakhir," ungkap Arry.
 
Mohammad Nurman Yaman mengatakan, MMI lebih objektif dan adil jika dibandingkan dengan wawancara empat mata atau wawancara panel. Ia juga menekankan fakta, bahwa nasib calon mahasiswa akan ditentukan oleh banyak orang, ketimbang berdasarkan pada satu atau dua orang pewawancara saja.
 
Sementara itu, Arif Kamarudin mengatakan, peserta yang memiliki kekurangan pada satu aspek dalam wawancara, dapat meningkatkan poin mereka di aspek lainnya dalam wawancara. Keduanya juga menyoroti tantangan paling utama dari MMI, yaitu sumber daya.
 
Pasalnya, MMI memakan banyak waktu, membutuhkan banyak daya, uang, orang, dan juga infrastruktur.
 
Meskipun demikian, MMI diyakini sebagai metode yang baik untuk memilih calon mahasiswa terbaik dari yang terbaik. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mahasiswa yang lolos MMI memiliki sejumlah karakteristik unggul dibandingkan proses interview tradisional.
 
“Yang lebih penting adalah mengenai panduan bagi pewawancara, sehingga MMI dapat dilakukan dengan benar,” pungkas Nurman.
 
(Baca juga:Peminat ITS di SBMPTN Turun 58,9 Persen)

 

(REN, CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif