Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Arief. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Arief. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Dinas Pendidikan Terbantu BOP PAUD dan Kesetaraan Ditransfer Langsung ke Sekolah

Pendidikan pendidikan PAUD Biaya Pendidikan Kemendikbudristek
Ilham Pratama Putra • 10 Maret 2022 17:12
Jakarta: Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Arief, senang dengan kebijakan baru penyaluran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) PAUD langsung ditransfer ke satuan pendidikan. Pihaknya sempat kelimpungan menyalurkan BOP.
 
"Dinas pendidikan menyambut baik penyaluran yang tidak melalui Dinas ini. Karena sebelumnya penyaluran memang agak terlambat karena Dinas memang tidak bisa sendiri melakukan ini (penyaluran)," ujar Arief dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis, 10 Maret 2022.
 
Arief mengaku terbantu dari segi administratif. Kini, pihaknya tinggal berkoordinasi dengan bank penyalur saat ada sekolah yang kesulitan membuat rekening.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, kami saat ini fokus memfasilitasi pengelola PAUD untuk pembuatan rekening. Karena mulanya pihak bank juga agak bingung karena sebelumnya membuat rekening itu dengan KTP. Tapi, kami dapat solusi dengan membuat rekening giro untuk sekolah sesuai data sekolahnya," tutur dia.
 
Dia meyakini dengan akselerasi ini tak ada lagi penyaluran dana BOP yang molor dari jadwal. Sehingga PAUD dan sekolah kesetaraan dapat langsung memanfaatkan BOP.
 
"Jadi, sekarang insyallah teman-teman PAUD benar-benar akan mendapat kemudahan. Dan jangan lupa nanti untuk membuat laporan pertanggungjawabannya, karena ini juga yang akan memperlancar penyaluran," tutur dia.
 
Sebelumnya, BOP PAUD dan Kesetaraan ditransfer ke Dinas Pendidikan. Selanjutnya, Dinas Pendidikan menyalurkan ke satuan pendidikan.
 
Mulai 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan akselerasi terhadap BOP PAUD dan Kesetaraan. Kini, BOP langsung ditransfer pemerintah pusat ke satuan pendidikan.
 
Baca: Kemendikbudristek Pastikan BOP PAUD dan Kesetaraan Diterima Bulan Ini
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif