Koordinator Perencanaan Program dan Penganggaran, Setditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Nandana Aditya Bhaswara. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Koordinator Perencanaan Program dan Penganggaran, Setditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Nandana Aditya Bhaswara. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kemendikbudristek Pastikan BOP PAUD dan Kesetaraan Diterima Bulan Ini

Pendidikan pendidikan PAUD Biaya Pendidikan Kemendikbudristek
Ilham Pratama Putra • 10 Maret 2022 16:43
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) lewat Merdeka Belajar Episode 16 meluncurkan akselerasi Bantuan Operasional Pendidikan bagi satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan kesetaraan. Akselerasi ini membuat penyaluran BOP ke sekolah berjalan lancar.
 
Koordinator Perencanaan Program dan Penganggaran, Setditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Nandana Aditya Bhaswara, menyebut tak ada lagi cerita penyaluran BOP molor. Setidaknya, BOP akan diterima satuan pendidikan pada Maret 2022.
 
"Saat ini kita tengah dalam tahap penyaluran dan Maret ini sudah diterima satuan pendidikan," kata Nandana dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis, 10 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, penyaluran BOP melalui dinas pendidikan. Hal tersebut kerap membuat penyaluran terlambat karena banyaknya proses administrasi.
 
"Sebelumnya bahkan April itu baru diterima dinas dan masih makan waktu lagi untuk disalurkan ke satuan pendidikannya," papar dia.
 
Lewat akselerasi ini, penentuan besaran BOP PAUD disesuaikan dengan daerah satuan pendidikan PAUD berada. Daerah yang lebih sulit akses atau daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) akan mendapatkan dana lebih afirmatif dan lebih besar dari wilayah lain.
 
Selanjutnya, bakal diberikan fleksibilitas penggunaan BOP PAUD dan BOP Kesetaraan. Tak ada lagi sekat bagi satuan pendidikan mengalokasikan kebutuhan.
 
Baca: Sekolah Penerima BOP PAUD dan BOS Kini Tak Dibatasi Jumlah Peserta Didik
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif