Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Nadiem Minta Mahasiswa Vokasi Melompat Hadapi Isu Global

Ilham Pratama Putra • 14 April 2022 17:36
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan mahasiswa vokasi harus mampu menghadirkan inovasi. Pembelajaran di pendidikan vokasi bukan lagi soal mengejar ketertinggalan melainkan mencari cara menghadapi isu global.
 
"Mahasiswa vokasi tidak lagi hanya mengejar ketertinggalan tapi melompat menghadapi isu global," kata Nadiem dalam peluncuran Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi Tahun 2022, Kamis, 14 April 2022.
 
Nadiem berharap lulusan vokasi mampu memperkuat posisi Indonesia di panggung dunia. Nadiem ingin pendidikan vokasi lebih maju dari sekarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemendikbudristek memberikan beasiswa IISMA Edisi Vokasi Tahun 2022. Beasiswa tersebut akan memfasilitasi mobilitas mahasiswa vokasi ke perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.
 
Nadiem mengatakan program ini tidak hanya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bekerja tetapi akan melahirkan calon-calon pemimpin yang menguatkan posisi Indonesia di panggung dunia. Selain itu, program ini juga menjadi cara pemerintah menghilangkan sekat-sekat antara pendidikan vokasi dan industri.
 
“Internasionalisasi pendidikan menjadi keharusan jika kita ingin berperan dan mendapat manfaat dari globalisasi. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa pendidikan vokasi yang kelak akan bekerja di industri-industri terkemuka dunia, baik yang berlokasi di Indonesia maupun di mancanegara,” tutur Nadiem.
 
Nadiem berharap program ini dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi internasional yang sangat dibutuhkan lulusan vokasi yang mana industri menjadi semakin kompetitif. Program IISMA Edisi Vokasi hadir untuk mendekatkan dunia pendidikan vokasi di Indonesia dengan dunia industri internasional.
 
Baca: IISMA Vokasi Sediakan 400 Beasiswa untuk Mahasiswa
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif