Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPsi Unair Nur Aini (Neny). DOK Unair
Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPsi Unair Nur Aini (Neny). DOK Unair

Mengenal Fakultas Psikologi Unair, 3 Besar Terbaik di Indonesia

Renatha Swasty • 21 Februari 2022 10:13
Jakarta: Universitas Airlangga (Unair) memiliki sejumlah fakultas unggulan. Salah satunya Fakultas Psikologi (FPsi)  
 
Bahkan, prodi Psikologi Unair menempati urutan ketiga sebagai program psikologi terbaik di Indonesia pada peringkat Times Higher Education World University Ranking 2022. Informasi mengenai FPsi diungkap ke calon mahasiswa melalui Airlangga Education Expo (AEE) 2022.
 
“FPsi Unair telah memperoleh akreditasi baik dari BAN-PT maupun lembaga akreditasi internasional seperti AUN-QA dan FIBAA,” kata Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPsi Unair Nur Aini (Neny) dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 21 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Neny menyebut FPsi Unair juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri, seperti Queensland University of Technology, Universiti Utara Malaysia, dan Zhejiang University. Kerja sama ini meliputi kegiatan pertukaran mahasiswa (student exchange) antara FPsi UNAIR dan kampus-kampus tersebut.
 
“Untuk program sarjana, FPsi UNAIR membuka jalur regular dan program sarjana kelas internasional dengan gelar ganda (double degree),” papar Neny.
 
Dia memjelaskan mahasiswa program sarjana kelas internasional dapat mengikuti kegiatan perkuliahan baik di FPsi Unair maupun Queensland University of Technology serta mendapat gelar akademik dari kedua kampus itu.
 
“Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa S1 diharapkan dapat memahami pengetahuan dasar psikologi, melakukan penelitian di bidang psikologi, mengenal alat ukur psikologi, serta menghayati dan melaksanakan kode etik keilmuan,” tutur Neny.
 
Selain itu, mahasiswa program sarjana juga diharapakan dapat menunjukkan kepekaan terhadap nilai, moral, dan masalah biopsikososial. FPsi Unair juga dilengkapi dengan laboratorium psikologi dan laboratorium statistik yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika FPsi Unair.
 
Fakultas Psikologi Unair dilengkapi dengan beberapa unit terapan guna mengimplementasikan keilmuan di fakultas. Unit-unit terapan tersebut, yakni Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Psikologi Terapan (LP3T), Pusat Terapan Psikologi Pendidikan (PTPP), Unit Pelayanan Psikologi (UPP), Laboratorium PAUD Anak Ceria, dan Pusat Krisis dan Pengembangan Komunitas (PKPK).
 
“Adanya unit terapan ini tentunya akan memperkaya pengalaman mahasiswa selama berkuliah di FPsi Unair,” ujar Neny.
 
Baca: 5 Siswa Dapat Golden Ticket Jadi Mahasiswa Unair
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif