Ilustrasi kerja. DOK Freepik
Ilustrasi kerja. DOK Freepik

Tetap Up-to-date, Ini 21 Istilah Kekinian di Kantor yang Wajib Kamu Tahu

Renatha Swasty • 06 Februari 2025 19:06
Jakarta: Dunia kerja makin seru dengan munculnya istilah-istilah baru yang tiba-tiba viral dan sering jadi bahan pembicaraan. Biar enggak ketinggalan zaman dan tetap up-to-date, yuk simak sejumlah istilah kerja kekinian yang perlu kamu tahu, biar enggak clueless di kantor.
 
Berikut ini istilah-istilah kekinian di dunia kerja yang wajib dipahami dilansir dari @benerjuga:

Istilah kekinian di dunia kerja

1. Wrap Up: Menyelesaikan atau merangkum sesuatu

Contoh: “Kita wrap up meeting dalam 5 menit.”

2. Heads Up: Peringatan atau pemberitahuan sebelumnya

Contoh: “Kasih heads up ya kalau ada perubahan mendadak.”

3. EOD (End of Day): Akhir Hari Kerja

Contoh: “Kirim reportnya sebelum EOD ya.”

4. TBD (To Be Determined): Akan ditentukan nanti

Contoh: “Jadwal rapatnya masih TBD ya ges.”

5. ETA (Estimated Time of Arrival): Perkiraan waktu selesai/sampai

Contoh: “ETA untuk kelar konten ini jam berapa?”

6. Framework: Struktur atau panduan untuk proses analisis

Contoh: “Pakai framework ini biar analisisnya terstruktur.”

7. Leverage: Memanfaatkan sesuatu untuk keuntungan lebih besar

Contoh: “Kita leverage data ini untuk naikin engagement ya.”

8. Bandwidth: Kapasitas atau waktu yang tersedia

Contoh: “Aku nggak ada bandwidth buat handle proyek baru minggu ini.”

9. Benchmark: Tolak ukur untuk membandingkan kinerja

Contoh: “Kita pakai data ini ya buat jadi benchmark next target.”

10. Drill Down: Eksplor detail informasi lebih spesifik

Contoh: “Drill down profil satker yang ada untuk kita jadikan konten.”
 
Baca juga: 12 Singkatan dan Istilah di Dunia Kerja yang Wajib Kamu Tahu!

11. Catch Up: Berdiskusi singkat atau mengejar ketertinggalan

Contoh: “Kita catch up soal project ini sekarang ya.”

12. Touch Base: Berkomunikasi singkat untuk membahas sesuatu

Contoh: “Boleh touch base bentar sebelum meeting mulai?”

13. Loop In: Mengikutsertakan seseorang dalam diskusi

Contoh: “Jangan lupa loop in tim marketing soal ini.”

14. On The Same Page: Memiliki pemahaman yang sama

Contoh: “Kita perlu diskusi lagi bisa semuanya on the same page.”

15. Workflow: Alur kerja atau proses operasional

Contoh: “Workflow tim perlu diperbaiki agar lebih efisien.”

16. BAU (Business As Usual): Proses atau cara kerja standar

Contoh: “Ini cuma masalah BAU aja.”

17. Alignment: Penyelarasan pandangan dan tujuan

Contoh: “Kita butuh alignment dari semua tim sebelum jalan.”

18. Compliance: Kepatuhan terhadap aturan atau standar tertentu

Contoh: “Semua dokumen harus sesuai compliance sebelum diajukan.”

19. Stakeholder: Pihak-pihak yang memiliki kepentingan

Contoh: “Kita perlu approval dari stakeholder sebelum lanjut.”

20. Backlog: Pekerjaan yang tertunda atau dalam antrean

Contoh: “Kita kerjain backlog dulu sebelum mulai proyek baru.”

21. KPI (Key Performance Indicator): Indikator Kinerja Utama

Contoh: “KPI bulan ini harus sampai sebelum weekend.”
 
Itulah beberapa istilah yang sedang ramai dibicarakan di dunia kerja. Dengan memahami istilah-istilah ini, Sobat Medcom akan lebih percaya diri dan enggak bingung saat percakapan di kantor berputar di sekitar istilah-istilah keren ini! (Antariska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan