Ilustrasi kerja. DOK Freepik
Ilustrasi kerja. DOK Freepik

Tetap Up-to-date, Ini 21 Istilah Kekinian di Kantor yang Wajib Kamu Tahu

Renatha Swasty • 06 Februari 2025 19:06
Jakarta: Dunia kerja makin seru dengan munculnya istilah-istilah baru yang tiba-tiba viral dan sering jadi bahan pembicaraan. Biar enggak ketinggalan zaman dan tetap up-to-date, yuk simak sejumlah istilah kerja kekinian yang perlu kamu tahu, biar enggak clueless di kantor.
 
Berikut ini istilah-istilah kekinian di dunia kerja yang wajib dipahami dilansir dari @benerjuga:

Istilah kekinian di dunia kerja

1. Wrap Up: Menyelesaikan atau merangkum sesuatu

Contoh: “Kita wrap up meeting dalam 5 menit.”

2. Heads Up: Peringatan atau pemberitahuan sebelumnya

Contoh: “Kasih heads up ya kalau ada perubahan mendadak.”

3. EOD (End of Day): Akhir Hari Kerja

Contoh: “Kirim reportnya sebelum EOD ya.”

4. TBD (To Be Determined): Akan ditentukan nanti

Contoh: “Jadwal rapatnya masih TBD ya ges.”

5. ETA (Estimated Time of Arrival): Perkiraan waktu selesai/sampai

Contoh: “ETA untuk kelar konten ini jam berapa?”

6. Framework: Struktur atau panduan untuk proses analisis

Contoh: “Pakai framework ini biar analisisnya terstruktur.”

7. Leverage: Memanfaatkan sesuatu untuk keuntungan lebih besar

Contoh: “Kita leverage data ini untuk naikin engagement ya.”

8. Bandwidth: Kapasitas atau waktu yang tersedia

Contoh: “Aku nggak ada bandwidth buat handle proyek baru minggu ini.”

9. Benchmark: Tolak ukur untuk membandingkan kinerja

Contoh: “Kita pakai data ini ya buat jadi benchmark next target.”

10. Drill Down: Eksplor detail informasi lebih spesifik

Contoh: “Drill down profil satker yang ada untuk kita jadikan konten.”
 
Baca juga: 12 Singkatan dan Istilah di Dunia Kerja yang Wajib Kamu Tahu!

11. Catch Up: Berdiskusi singkat atau mengejar ketertinggalan

Contoh: “Kita catch up soal project ini sekarang ya.”

12. Touch Base: Berkomunikasi singkat untuk membahas sesuatu

Contoh: “Boleh touch base bentar sebelum meeting mulai?”

13. Loop In: Mengikutsertakan seseorang dalam diskusi

Contoh: “Jangan lupa loop in tim marketing soal ini.”

14. On The Same Page: Memiliki pemahaman yang sama

Contoh: “Kita perlu diskusi lagi bisa semuanya on the same page.”

15. Workflow: Alur kerja atau proses operasional

Contoh: “Workflow tim perlu diperbaiki agar lebih efisien.”

16. BAU (Business As Usual): Proses atau cara kerja standar

Contoh: “Ini cuma masalah BAU aja.”

17. Alignment: Penyelarasan pandangan dan tujuan

Contoh: “Kita butuh alignment dari semua tim sebelum jalan.”

18. Compliance: Kepatuhan terhadap aturan atau standar tertentu

Contoh: “Semua dokumen harus sesuai compliance sebelum diajukan.”

19. Stakeholder: Pihak-pihak yang memiliki kepentingan

Contoh: “Kita perlu approval dari stakeholder sebelum lanjut.”

20. Backlog: Pekerjaan yang tertunda atau dalam antrean

Contoh: “Kita kerjain backlog dulu sebelum mulai proyek baru.”

21. KPI (Key Performance Indicator): Indikator Kinerja Utama

Contoh: “KPI bulan ini harus sampai sebelum weekend.”
 
Itulah beberapa istilah yang sedang ramai dibicarakan di dunia kerja. Dengan memahami istilah-istilah ini, Sobat Medcom akan lebih percaya diri dan enggak bingung saat percakapan di kantor berputar di sekitar istilah-istilah keren ini! (Antariska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan