Alumni SMK 3 Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur, Putra Budi Wahyu Widodo. DOK Kemendikbudristek
Alumni SMK 3 Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur, Putra Budi Wahyu Widodo. DOK Kemendikbudristek

Keren! Alumni SMK Ini Buka Usaha Bengkel Las Hingga Punya Cabang

Pendidikan Sekolah Vokasi SMK
Renatha Swasty • 09 Mei 2022 13:39
Jakarta: Lulusan SMK unggul dan kompeten terus bermunculan. Salah satunya, Putra Budi Wahyu Widodo atau yang kerap disapa Budi.
 
Alumni SMK 3 Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur, jurusan teknik pengeboran itu membuka bengkel las. Tak cuma itu, bengkel las milik Budi juga memiliki cabang.
 
“Awalnya saya diajari guru teknik mengelas. Dari pengalaman bekerja di bidang las, waktu lulus saya langsung ke Jakarta untuk bekerja selama 6 bulan, kemudian bekerja di proyek bangunan bidang mesin. Kemudian bekerja di Papua selama 8 bulan,” cerita Budi dikutip dari laman kemendikbud.go.id, Senin, 9 Mei 2022.
 
Sebelum memutuskan mendirikan bengkel las, Budi pernah berjualan kelapa. Namun, bisnis tersebut dirasa kurang berkembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia akhirnya kembali menekuni passion dan mengulik kembali kompetensi yang pernah diperoleh semasa duduk di bangku SMK, yaitu mendirikan bengkel las. Bisnis bengkel las Budi semakin berkembang.
 
Terbukti, tidak hanya bengkel las ekodekoratif atau bengkel bawah, Budi membuka cabang bengkel las listrik api atau bengkel atas. Dengan bengkelnya tersebut, Budi juga membuka peluang kerja bagi rekan-rekannya.
 
Kini, Budi mempekerjakan sekitar 10 orang di bengkelnya. “Alhamdulillah ada PT Paidi Indo Porang yang memproduksi porang, kemudian saya menyodorkan hasil-hasil kerja saya. Alhamdulillah disetujui dan dipercayai membangun tempat wisata,” kata Budi.
 
Berbagai proyek lain yang pernah ditangani Budi, seperti pagar, gazebo, taman, dan patung. Bahkan, Budi pernah diminta membuat patung pohon yang kerangkanya terbuat dari besi dengan ukuran lebar 3,5 meter dan tinggi 4,5 meter.
 
Budi berharap ke depan usahanya semakin berkembang dan bermanfaat bagi sekitar. Dia juga bercita-cita memberangkatkan kedua orang tuanya pergi haji.
 
Keren! Alumni SMK Ini Buka Usaha Bengkel Las Hingga Punya Cabang
Patung pohon bikinan Budi. DOK Kemendikbudristek
 
Baca: 3 Segment, Perusahaan Animasi Besutan Alumni SMK Ini Tembus Pasar Global
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif