Kampus UNJ. Foto: Dok Humas UNJ.
Kampus UNJ. Foto: Dok Humas UNJ.

UNJ Bakal Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

Pendidikan UNJ Permendikbud PPKS Permendikbud Pencegahan Kekerasan Seksual
Arga sumantri • 15 November 2021 15:40
Jakarta: Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan workshop penyusunan draf Peraturan Rektor Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan UNJ pada 9-12 November 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring.
 
Rektor UNJ Komarudin menyampaikan penyusunan Peraturan Rektor Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan UNJ ini disusun sebagai perbaikan atau perubahan dari peraturan rektor sebelumnya yang masih menggabungkan dengan peraturan pencegahan dan penanganan perundungan. 
 
"Dengan keluarnya Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021, maka menjadi momentum untuk pengaturan secara khusus dan lebih komprehensif dalam rangka menjaga moral dan marwah kampus sebagai lembaga pendidikan dan mencegah serta menangani berbagai tindakan kekerasan seksual," kata Komarudin mengutip siaran pers UNJ, Senin, 15 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, hal ini juga sebagai bentuk komitmen UNJ untuk menumbuhkan kehidupan kampus yang manusiawi, bermartabat, setara, inklusif, kolaboratif. Serta, tanpa kekerasan di antara mahasiswa, pendidik, tenaga kependidikan, dan warga kampus di UNJ.
 
Baca: Permendikbud PPKS Disebut Langkah Progresif
 
Draf Peraturan Rektor Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual ini nantinya menjadi pedoman bagi UNJ dalam mencegah dan menangani permasalahan kekerasan seksual di lingkungan UNJ. Wujud dari pelaksanaan Peraturan Rektor ini nantinya dibentuk satuan tugas untuk pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan UNJ.
 
Aktivis Perempuan yang konsen pada isu Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Syafirah Hardani mengatakan, maraknya kasus kekerasan sensual di lingkungan pendidikan, pengaturan mengenai penanganan kekerasan seksual sangat bagus dan patut diapresiasi. UNJ menyambut baik Permendikbud 30 tahun 2021 dan mengambil langkah konkret dengan merumuskan peraturan Rektor UNJ tentang PPKS. 
 
"Saya kira UNJ secara institusi sangat bagus memiliki komitmen untuk menciptakan kampus yang aman bagi seluruh civitas akademikanya, ungkap Syafirah Hardani," ujar Syafirah.
 
Sedangkan, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNJ Agus Dudung mengatakan, dengan adanya Peraturan Rektor mengenai Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual dilingkungan UNJ ini menunjukan komitmen mencegah dan menangani permasalahan kekerasan seksual.
 
"Demi menciptakan kehidupan kampus yang beradab dan bermartabat dalam rangka mewujudkan visi dan misi UNJ menjadi universitas yang unggul dan bereputasi di kawasan Asia," ungkap Agus.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif