Apa itu wawancara kerja?
Wawancara kerja adalah metode yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyeleksi calon karyawan. Tujuannya untuk menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan persyaratan jabatan.
(Ilustras wawancara kerja foto:Unsplash)
Selain itu, metode ini juga digunakan untuk mengetahui kepribadian pelamar, mendapat informasi informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan.
Sementara bagi Job Seeker wawancara kerja merupakan kesempatan untuk menjelaskan secara langsung kemampuan, pengalaman serta kecakapan mengatasi masalah pekerjaan.
Wawancara kerja terdapat beberapa jenis. Berikut tiga jenis wawancara kerja yang wajib jobseeker tahu.
Jenis-jenis wawancara kerja
1. Wawanca dengan HRD
Wawancara ini merupakan wawancara kerja yang umum dilakukan oleh banyak perusahaan. Staf HR akan mewawancari seputar diri kandidat. Seperti pengalaman bekerja, kelebihan dan kekurangan kandidat.2. Wawancara user
Setelah lulus wawancara dengan staf HR, kandidat biasanya selanjutnya akan mengikuti sesi wawancara dengan user. User adalah seseorang dari perusahaan dengan jabatan supervisor atau kepala divisi yang akan bekerja secara langsung dengan Anda apabila diterima di perusahaan tersebut.3. Wawancara panel
Dalam wawancara panel, pelamar kerja akan diwawancarai oleh sejumlah orang secara bersamaan. Panel bisanya dihadiri dari perwakilan perushaan seperti staf HR dan manajer. Masing-masing pewawancara memiliki pertnyaan dengan topik yang berbeda.Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News