Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Zoom
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Zoom

Dipersiapkan Jadi Guru Kelas Dunia, Siswa SMK Dikirim ke Eropa

Pendidikan Pendidikan Vokasi SMK
Ilham Pratama Putra • 05 November 2020 11:35
Jakarta: Tidak sekadar magang dan belajar, pelajar SMK juga bakal diterbangkan ke Eropa untuk dipersiapkan menjadi guru vokasi. Sehingga saat kembali ke Indonesia, guru SMK di Tanah Air memiliki kompetensi berkelas internasional.
 
"Insyaallah kita mempersiapkan anak SMK kita kelak jadi guru SMK," ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto dalam webinar Vokasi Siap Menerpa Eropa melalui siaran YouTube Mitrasdudi Kemendikbud, Rabu, 4 November 2020.
 
Pihaknya juga membuka kesempatan kepada guru SMK yang ada saat ini untuk dilatih di Eropa. Guru SMK bakal diperkuat untuk kurikulum pendidikan vokasi.  "Sumber Daya Manusia guru juga dilatih di Eropa, hingga kuat pembelajarannya,"jelas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perencanaan program ini telah dibicarakan oleh pihaknya dengan beberapa atase Kemendikbud di Eropa. Mulai dari Inggris, Jerman, Inggris, dan Belanda.
 
Baca juga:  Kemendikbud Siapkan Jalan Pendidikan Vokasi di Eropa
 
Untuk pelajar SMK dan Perguruan tinggi yang telah selesai belajar di eropa itu bisa menjadi ekspert di dunia industri, hingga menjadi pemimpin yang diakui internasional. Wikan berharap banyak dari kerja sama yang mengantarkan pelajar vokasi Indonesia ke eropa ini.
 
"Jadi selain bisa studi, magang, harapannya juga kerja di luar negeri dan mungkin bisa mengembangkan wirusaha dengan market luar negeri. Dan saat kembali ke Indonesia juga bisa menjadi ekspert untuk kampus di Indonesia," ungkap dia.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif