Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Menkeu: Anggaran Pendidikan Berasal dari Rakyat, Jangan Dikorupsi!

Ilham Pratama Putra • 16 Februari 2022 10:32
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewanti-wanti pemerintah daerah dan kepala sekolah memanfaatkan anggaran pendidikan dengan baik. Program yang dimaksud, ialah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).
 
Dia menegaskan uang BOS dan BOP yang diterima ialah milik masyarakat Indonesia. Uang mesti dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
 
"Anggaran pendidikan setiap rupiahnya adalah anggaran yang berasal dari rakyat, untuk rakyat yang harus kita kelola dengan bertanggung jawab dengan tanpa korupsi, dengan seefisien mungkin," kata Ani, sapaan karib Sri Mulyani, dalam konferensi pers Merdeka Belajar Episode 16 Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Satuan Pendidikan secara daring, Selasa, 15 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia meminta peran seluruh pihak mengawasi dana pendidikan tersebut. Hal ini agar anggaran APBN yang begitu besar benar-benar digunakan optimal.
 
"Saya berharap proses seluruh reform yang terjadi di dalam pengelolaan dana BOS dan BOP PAUD serta BOP Kesetaraan dapat meningkatkan kualitas dari pengelolaan pendidikan dan hasil pendidikan yang baik," tutur dia.
 
Ani menyebut pihaknya menerima setiap kebijakan terobosan untuk pengembangan pendidikan di Tanah Air. Sebab, pendidikan adalah corong dari lahirnya sumber daya manusia (SDM) unggul.
 
"Saya di dalam jajaran Kementerian Keuangan akan terus membuka diri terhadap berbagai ide terobosan dan inovasi, baik di bidang kebijakan peraturan dan juga di dalam desain untuk bisa mendukung transformasi Indonesia menuju negara maju melalui kualitas pendidikan yang baik," tutur dia.
 
Baca: Pemerintah Kucurkan Dana BOS Rp54,1 Triliun Tahun Ini
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif