Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Pemerintah Kucurkan Dana BOS Rp54,1 Triliun Tahun Ini

Ilham Pratama Putra • 16 Februari 2022 10:22
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membeberkan besaran dana yang dialokasikan untuk program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada 2022. Anggaran BOS disediakan Rp54,1 triliun.
 
"Tahun 2022 ini dana BOS mencapai Rp54,1 triliun untuk ditujukan kepada 45 juta peserta didik," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Merdeka Belajar Episode 16 Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Satuan Pendidikan secara daring, Selasa, 15 Februari 2022.
 
Kemudian, BOP PAUD dialokasikan mencapai Rp4,25 triliun untuk 6,9 juta anak. Sedangkan BOP Pendidikan Kesetaraan sebesar Rp1 triliun untuk 587 ribu peserta didik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BOP Kesetaraan yang pada 2019 (mulai) dialokasikan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelajar yang tidak dapat dijangkau atau dipenuhi oleh jalur pendidikan formal," tutur dia.
 
Anggaran dana pendidikan tahun ini dialokasikan cukup besar mencapai Rp294,6 triliun. Pemberian dana melalui mekanisme transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).
 
"Ini adalah angka yang sangat besar dari total Rp500 triliun anggaran (pendidikan)," jelas dia.
 
Sri Mulyani berharap anggaran digunakan bijak sesuai kebutuhan sekolah. "Artinya, ini sangat penting menjadi andalan bagi berjalannya sekolah-sekolah di dalam melaksanakan program wajib belajar dan dapat dimungkinkan juga dana BOS untuk mendanai kegiatan yang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," tutur dia.
 
Baca: Sekolah Penerima BOP PAUD dan BOS Kini Tak Dibatasi Jumlah Peserta Didik
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif