Pesepakbola asal Inggris Glen Johnson. DOK AFP
Pesepakbola asal Inggris Glen Johnson. DOK AFP

Enggak Cuma Berprestasi di Lapangan, Pesepak Bola Dunia Ini Berhasil Peroleh Gelar Magister

Medcom • 01 Desember 2022 20:42
Jakarta: Siapa di sini yang belum nonton Piala Dunia 2022? Seluruh dunia tentunya mengirimkan pemain-pemain bola terbaiknya untuk mengalahkan pemain lainnya di World Cup kali ini.
 
Dilansir dari Instagram @hotcourses_id, pemain-pemain ini tidak cuma berprestasi di lapangan saja, lho! Rupanya, mereka juga sangat mempedulikan akademik mereka hingga meraih gelar magister. Penasaran dengan siapa saja mereka? Cek disini yuk!

1. Juan Mata

Pesebak bola tampan satu ini tidak cuma cerdas di lapangan, Juan Mata juga berprestasi di bidang akademiknya, lho! Sebelumnya, Juan Mata sempat mengambil kuliah di Universidad Politecnica de Madrid dengan jurusan Ilmu Jurnalisme tetapi ia tidak menyelesaikannya. Namun, hal itu tidak mematahkan semangatnya untuk mengejar pendidikannya. Pria berusia 31 tahun ini ternyata telah menyelesaikan dua gelarnya di Universidad Camilo Jose Cela, Madrid.

2. Glen Johnson

Pesepak bola asal Inggris ini ternyata telah mengantongi gelar sarjana Ilmu Matematika di salah satu institusi swasta di Inggris. Meski menggemari dunia sepak bola, ia masih terus meluangkan waktu sekitar 2 jam tiap harinya dan menempuh jarak yang jauh untuk mengikuti perkuliahan. Patut dicontoh!

3. Simon Mignolet

Nah, pemain bola asal Belgia ini enggak kalah cerdas dengan yang lainnya, Simon Mignolet ternyata memiliki dua gelar sarjana di Catholic University of Leuven. Gelar-gelar tersebut yaitu gelar sarjana hukum dan ilmu politik. Selain itu, kiper satu ini ternyata lihai dalam ranah bisnis hingga 30 Juni 2002.

4. Andrey Arshavin

Nah, playmaker berkebangsaan Rusia ini rupanya lulusan Universitas Teknologi dan Desain St. Petersburg. Setelah menyelesaikan studi mengenai teknologi pakaian, ia juga memanfaatkan bakat itu untuk meluncurkan lini pakaiannya sendiri, keren banget!

5. Edwin Van Der Sar

Tidak kalah dengan yang lainnya, pesepak bola asal Belanda ini memiliki kecerdasan yang gemilang. Setelah pensiun, ia melanjutkan studi magister di Johan Cruyff Institute, Spanyol dengan bidang studi Olahraga dan Manajemen.
 
Nah itu dia kelima pemain sepak bola yang tidak hanya lihai di lapangan saja, namun mereka juga masih mempertahankan prestasi akademik mereka hingga memperoleh gelar magister mereka. Diantara kelima orang di atas, ada enggak yang menginspirasi kalian? (Gracia Anggellica)
 
Baca juga: Inspiratif! 5 Artis Indonesia Ini Kuliah di Kampus Ternama Asia Tenggara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif