Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Zoom
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Foto: Zoom

Pengadaan Laptop Rp10 Juta per Unit? Ini Penjelasan Kemendikbudristek

Ilham Pratama Putra • 03 Agustus 2021 19:31
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalokasikan dana sebesar Rp2,4 triliun untuk pengadaan 240 ribu laptop bagi sekolah. Artinya satu unit laptop dibandrol dengan harga sekitar Rp10 juta.
 
Harga laptop tersebut menjadi polemik di masyarakat. Banyak pihak menilai harga satuan laptop itu terlalu mahal jika dibandingkan spesifikasi laptop tersebut.
 
Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto pun angkat bicara mengenai polemik laptop tersebut. Wikan mengatakan, pihaknya hanya menyiapkan anggaran untuk pengadaan barang, bukan menentukan harga per unitnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk harga per unitnya menyesuaikan mekanisme pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP). Jadi harus dibedakan antara harga dan anggaran. Jadi kita tidak nge-set harga, yang kita siapkan adalah anggaran," kata Wikan dalam webinar Google for Education, Selasa 3 Agustus 2021.
 
Baca juga:  Laptop Chromebook Bakal Diprioritaskan untuk Daerah 3T
 
Dia pun kembali menjelaskan, terkait anggaran digitalisasi pendidikan tersebut. Anggaran sebesar Rp2,4 triliun itu bakal didistribusikan kepada pemerintah daerah sebagai dana alokasi khusus (DAK) fisik.
 
Wikan juga menyebut, anggaran tersebut tidak hanya digunakan untuk membeli laptop. Namun juga digunakan untuk belanja sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
 
"Peruntukan anggaran itu bukan hanya untuk laptop. Satu laptop, terus untuk access point. Kalau enggak ada access point gimana internetnya nyambung, nanti jadi kaum dhuafa internet kalau enggak ada access point," jelas Wikan.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif