Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Laptop Chromebook Bakal Diprioritaskan untuk Daerah 3T

Ilham Pratama Putra • 03 Agustus 2021 17:30
Jakarta: Pemerintah terus memperluas akses digital utamanya digitalisasi sekolah di wilayah tertinggal, terluar dan terdepan (3T). Wilayah 3T sejauh ini dinilai masih tertinggal dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran.
 
Sejalan dengan upaya pemerintah, salah satu produsen industri teknologi Tanah Air bakal memproduksi laptop Chromebook. Laptop buatan dalam negeri itu nantinya bakal didistribusikan di wilayah 3T.
 
Managing Director Axioo, Michael Sugiarto mengatakan, distribusi laptop di wilayah 3T itu diprioritaskan untuk para pelajar. Agar kemampuan digital pelajar di wilayah 3T tidak tertinggal dari wilayah lainnya di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua rakyat Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama, adil dan merata khususnya pelosok-pelosok desa di wilayah 3T yang belum merasakan kemajuan teknologi masa kini," kata Michael dalam webinar Google for Education, Selasa, 3 Agustus 2021.
 
Dia menyebut produksi laptop Chromebook itu akan dimulai di tahun 2022. Untuk jangka panjang, dia berharap pendistribusian laptop ini mampu mencetak Sumber Daya Manusia Unggul.
 
"Menjadi fokus utama pemerintah Indonesia dalam pendistribusian pembelajaran. Kami berharap bisa lebih banyak berkolaborasi dan menghasilkan Chromebook. Semoga cita-cita Indonesia untuk menciptakan SDM unggul bisa tercapai," imbuh dia.
 
Baca juga:  Program Laptop Merah Putih Bakal Libatkan Siswa SMK dan Mahasiswa
 
Pada kesempatan yang sama, Director Evercross Akwila Natanael pun memiliki pandangan serupa. Dia menuturkan bahwa Chromebook ini akan sangat diperlukan insan pendidikan di wilayah 3T.
 
"Kita melihat wilayah negara Indonesia yang sangat luas dan masih banyak sekali daerah yang masih pelosok dan masih masih belum ada pendidikan dengan yang baik, ya ini sangat membantu untuk daerah-daerah pelosok untuk pendidikan secara online," tutupnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif