Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Sempat Berhenti dan Ingin Lanjutkan Kuliah? UNY Buka Program RPL, Cek di Sini

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi UNY
Renatha Swasty • 28 April 2022 10:24
Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terus mendorong pendidikan tinggi dapat dinikmati semua pihak. Salah satunya lewat Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).
 
RPL merupakan upaya menghargai pengalaman dan hasil pembelajaran lampau yang nantinya diakui dalam mata kuliah yang sesuai. UNY berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Bojonegoro merekognisi pengalaman yang dimiliki perangkat desa dan penggerak desa untuk ikuti program RPL mengacu pada penjaminan mutu yang ada pada prodi yang ditawarkan.
 
“Kuota RPL total ada 2.250 orang yang terdiri dari 1.650 orang S1 dan 600 orang S2,” ujar Ketua Kantor Layanan Admisi UNY Setya Raharja dikutip dari laman uny.ac.id, Kamis, 28 April.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengalaman kerja yang diakui untuk RPL merujuk pada Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Program RPL dijalankan berdasarkan Permendikbudristek Nomor 41 Tahun 2021 tentang RPL yang merupakan perbaikan dari Permendikbud Nomor 26 Tahun 2016. Program RPL juga merupakan class program yang difasilitasi kementerian untuk mengimplementasikan pendidikan sepanjang hayat dan UUD 1945 Pasal 31.
 
Adapun syarat mendaftar program ini, yakni lulusan SMA/SMK/MA yang belum pernah kuliah namun memiliki pengalaman kerja 5 tahun untuk melanjutkan pada program sarjana. Atau lulusan SMA/SMK/MA yang sempat putus kuliah.
 
Selanjutnya, lulusan D1, D2 dan D3 yang memiliki pengalaman kerja 2 tahun dapat melanjutkan program sarjana. Sedangkan, lulusan sarjana dengan pengalaman kerja 2 tahun atau pernah mengikuti kuliah Magister dapat melanjutkan S2, demikian pula lulusan Magister yang berpengalaman kerja 2 tahun.
 
Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margana menyebut ada 55 program studi S1 yang memenuhi syarat untuk program RPL. Sementara itu, untuk S2 ada 30 program studi yang dapat dipilih. Masing-masing prodi berkuota 30 orang untuk S1 dan 20 orang untuk S2.
 
Dia menuturkan untuk program doktor secara regulasi belum dapat dibuka. Sedangkan, untuk jenjang sarjana terapan sudah bisa dilaksanakan.
 
Namun, UNY belum membuka program ini lantaran ada persyaratan harus sudah meluluskan dan terakreditasi baik sekali. Sarjana terapan di UNY merupakan prodi baru.
 
Adapun SPP yang mesti dibayarkan sesuai dengan UKT yaitu Rp5.400.000/semester untuk jenjang S1 dan Rp7.500.000/semester untuk jenjang S2. Kemudian, UPPA sebesar Rp1.500.000 yang dibayar satu kali selama kuliah.

Berikut jadwal pendaftaran Program RPL:

  1. Pendaftaran, unggah portofolio, dan evaluasi diri: 13 Mei–13 Juni 2022
  2. Wawancara: 15–27 Juni 2022
  3. Pengumuman: 2 Juli 2022
  4. Registrasi: 4-11 Juli 2022.
Ketentuan lengkap tentang program RPL dapat dilihat di laman pmb.uny.ac.id. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu.
 
Baca: Cerita Mita Belajar SBMPTN Sembari Jaga Dagangan di Kantin Hingga Lulus Cumlaude dari UNY
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif