Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam (tengah), UGM/Humas.
Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam (tengah), UGM/Humas.

UGM Beri 450 Beasiswa Talenta Digital 2019

Pendidikan beasiswa
Intan Yunelia • 15 Mei 2019 17:47
Jakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan beasiswa kepada mahasiswa tingkat akhir atau baru saja lulus untuk mengikuti pelatihan talenta digital. Sebanyak 450 beasiswa sudah dipersiapkan bagi yang lolos seleksi.
 
Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam mengatakan, 450 mahasiswa yang beruntung tersebut akan diberi kesempatan untuk memilih salah satu dari tiga bidang digital yang diminati. Yaitu kecerdasan buatan, internet of things,dan keamanan siber.
 
“Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM dalam bidang pembangunan revolusi industri 4.0,” kata Nizam dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia melanjutkan bahwa kesempatan ini terbuka bagi seluruh mahasiswa UGM tingkat akhir yang berasal dari jurusan TIK, MIPA, dan teknik. Pelatihan ini juga akan diselenggarakan selama dua bulan dimulai pada akhir Juni hingga pertengahan Agustus mendatang.
 
Baca:Anak Tukang Sampah Lolos Masuk UGM Tanpa Tes
 
Sedangkan pendafaran dimulai sejak 20 April hingga 19 Mei ini melalui website https://digitalent.kominfo.go.id. “Selama mengikuti pelatihan peserta akan mendapatkan beasiswa bantuan uang saku dan bantuan biaya hidup sebesar Rp1,5 juta,” terang Nizam.
 
Perlu diketahui, Kominfo dalam program beasiswa ini memberikan total 25.000 beasiswa dengan melibatkan 30 mitra universitas, 23 politeknik dan empat badan sertifikasi internasional. “UGM sendiri, Kominfo menunjuk Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik (DTETI) UGM) sebagai mitra untuk mengadakan pelatihan khusus bagi lulusan perguruan tinggi dan mahasiswa tingkat akhir,” papar Nizam.
 
Ia menuturkan bahwa perkembangan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia sudah semakin berkembang pesat. Contohnya saja sekarang ini semakin banyak pelaku ekonomi baru bermunculan di bidang digital terutama oleh pelaku para milenial.
 
“Jangan sampai kita hanya menjadi konsumen dan penonton lalu industri digital kita merekrut talenta dari luar, lulusan baru kita harus memiliki kemampuan talenta digital yang kuat,” pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif