Ilustrasi tulis. Pexel.
Ilustrasi tulis. Pexel.

Mau Melamar Kerja? 5 Skill ini Bikin Kamu Auto Lolos!

Medcom • 05 September 2022 19:13
Jakarta: Resume atau Curriculum Vitae (CV) selalu digunakan oleh setiap pencari kerja. Resume atau CV berisi informasi penting tentang informasi umum pelamar, latar belakang pelamar, pengalaman, dan keahlian atau keterampilan. Salah satu hal terpenting yang dicari perekrut adalah keterampilan.
 
Keterampilan (skill) memiliki dua jenis, yakni hard skill dan soft skill. Hard skill adalah keterampilan yang sifatnya teknis dan relatif mudah diukur. Hard skill mencakup digital marketing, Microsoft Office, atau pekerjaan teknisi. Sedangkan soft skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan bagaimana cara seseorang bekerja. Soft skill mencakup kemampuan interpersonal, komunikasi, hingga empati.
 
Perlu diingat, skill yang dicantumkan dalam Resume atau CV haruslah bersifat profesional. Usahakan skill yang dicantumkan sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang Sobat Medcom pilih ya!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inilah hard skill yang bisa kamu cantumkan dan paling dicari oleh perekrut menurut Schoters:

1.  Digital Marketing

Sertifikasi Digital Marketing seperti Ads, SEO, Content Marketing, Social Media, atau Email Marketing bisa dimasukkan ke CV, loh! Terlebih jika Sobat Medcom ingin menekuni karir di bidang Marketing

2. Microsoft Office

Contoh hard skill yang paling sering dicantumkan dalam CV adalah kemampuan teknis yang berhubungan dengan pengoperasian komputer, salah satunya pengoperasian Microsoft Office. Skill mengoperasikan Microsoft Office selalu dicari di berbagai bidang seperti Finance, Banking, Marketing, dan lain-lain

3. Project Management

Kepiawaian dalam memimpin suatu project termasuk dalam hard skill, loh. Sobat Medcom bisa mencantumkan project yang pernah dikerjakan, sambil memaparkan proses problem solving, strategic thinking, negosiasi, dan proses kerja sama.

4. Kemampuan Bahasa Asing

Kemampuan menguasai bahasa asing memiliki nilai plus tersendiri di mata perekrut. Sobat Medcom bisa melampirkan sertifikat seperti IELTS, TOPIK, DELF, JLPT, atau HSK sebagai bukti kemampuan berbahasa asing

5. Desain Grafis

Kemampuan desain grafis sedang banyak dicari oleh perusahaan, mulai dari startup hingga badan usaha milik pemerintah. Jika Sobat Medcom memiliki kemampuan desain grafis, jangan lupa untuk mencantumkan software atau perangkat yang biasa dipakai beserta portfolio berisi kumpulan hasil karya Sobat Medcom ya!
 
Itu tadi 5 hard skill yang bisa Sobat Medcom cantumkan dalam CV agar menarik perhatian rekruter. Jika belum memiliki skill tersebut atau belum memiliki sertifikatnya, Sobat Medcom bisa mengikuti pelatihan-pelatihan di situs-situs pelatihan kerja dan mendapatkan bimbingan. (Annisa Ambarwaty)
 
Baca juga: Mahasiswa, Jenis Kerja Sampingan Ini Dapat Tingkatkan Performa CV-mu 

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif