Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam RDP Komisi X. YouTube Komisi X
Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam RDP Komisi X. YouTube Komisi X

RUU Sisdiknas Tak Masuk Prolegnas 2022, Nadiem Sebut Nasib Guru Belum Tersertifikasi Makin Kasian

Ilham Pratama Putra • 28 September 2022 15:55
Jakarta: Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) tidak masuk dalam Prolegnas Prioritas Perubahan 2022. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut guru menjadi korban.
 
"Jadi, sebenarnya 1,6 juta guru yang menunggu sertifikasi tersebut cukup kasian," ujar Nadiem dalam Raker Komite III DPD dikutip Rabu, 28 September 2022.
 
Nadiem menyebut pengesahan RUU Sisdiknas bisa membuat guru tak perlu lagi mengantongi sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mendapat tunjangan. Kini, 1,6 guru masih harus menunggu kepastian menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"PPG itu akan makan waktu 20 tahun untuk selesai, semua sudah keburu pensiun kalau begitu, ini cukup ironis ya," kata Nadiem.
 
Nadiem miris masih ada mispersepsi hilangnya frasa TPG dalam RUU Sisdiknas. Guru khawatir tak ada tunjangan lantaran bakal diatur lewat UU ASN dan UU Ketenagakerjaan.
 
"Di mana kelihatannya seperti menghilangkan itu, sebenarnya aspirasi menghilangkan TPG adalah untuk mengembalikan guru-guru kita ke dalam UU ASN dan UU Ketenagakerjaan," ujar Nadiem.
 
Baca juga: Keburu Guru Pensiun, Sertifikasi PPG Makan Waktu 20 Tahun 

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif