eRapor Kurikulum Merdeka. DOK YouTube Direktorat PKMK
eRapor Kurikulum Merdeka. DOK YouTube Direktorat PKMK

Penyederhanaan Administrasi Permudah Proses Pembelajaran

Ilham Pratama Putra • 30 November 2022 17:42
Jakarta: Beban administrasi guru mesti dipangkas. Pengurangan beban administrasi diharapkan akan meningkatkan kualitas pembelajaran.
 
"Salah satu yang mempermudah dalam mewujudkan pembelajaran adalah penyederhanaan administrasi," kata Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo (Nino) dalam Lauching eRapor Kurikulum Merdeka secara daring, Rabu, 30 November 2022.
 
Nino menyebut kesibukan guru dalam administrasi juga akan menyulitkan siswa dalam mencapai kualitas pembelajaran. Pihaknya meluncurkan eRapor atau rapor digital untuk meringankan beban guru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu penyederhanaan kita melaporkan pembelajaran siswa melalui eRapor. Aplikasi ini memudahkan administrasi pelaporan hasil belajar," papar dia.
 
Nino menjelaskan pada eRapor, guru tinggal menginput satu nilai permata pelajaran. Kemudian, ditambahkan deskripsi kompetensi yang dicapai siswa.
 
"Bapak Ibu cukup menginput satu nilai permata pelajaran apa saja, disertai deskripsi kompetensi apa yang dicerminkan dari nilai tersebut," papar dia.
 
Baca juga: HGN 2022, Guru: Dulu Administrasi, Sekarang Kami Dibebani Aplikasi

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif