Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sepuluh Syarat Penting Sebelum Pemda Membuka Sekolah

Pendidikan Virus Korona sekolah Kenormalan Baru
Arga sumantri • 20 November 2020 22:04
Jakarta: Pemerintah mengizinkan sekolah membuka belajar tatap muka mulai Januari 2021 melalui Surat Keputusan Bersam (SKB) Empat Menteri. Namun, keputusan pembukaan sekolah ada di tangan Pemerintah Daerah.
 
Berdasarkan panduan pembelajaran pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 di masa pandemi, ada sepuluh faktor yang perlu menjadi pertimbangan Pemda dalam memberikan izin Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Pertama, tingkat risiko penyebaran covid-19 di wilayahnya.
 
Kemudian, Pemda juga perlu memperhatikan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan. Lalu, kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai dengan daftar periksa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:7 Alasan Kemendikbud Izinkan Pembelajaran Tatap Muka di Januari 2021
 
Akses terhadap sumber belajar atau kemudahan belajar dari rumah juga patut menjadi pertimbangan. Selain itu, kondisi psikososial peserta didik.
 
Pemda pun harus menimbang faktor kebutuhan layanan pendidikan bagi anak yang orang tua atau walinya bekerja di luar rumah. Selanjutnya, terkait ketersediaan akses transportasi yang aman dari dan ke satuan pendidikan.
 
Berikutnya, faktor yang perlu menjadi pertimbangan Pemda dalam memberi perizinan yaitu tempat tinggal warga satuan pendidikan. Lalu, mobilitas warga antar kabupaten/kota, kecamatan, hingga kelurahan/desa. Terakhir, kondisi geografis daerah
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif