"Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) udah di depan mata nih. Ga perlu panik, cukup siapkan diri pelan-pelan," tulis akun instagram @humasipdn.id, dikutip Selasa 24 Juni 2025.
Buat kamu yang ingin mendaftar, tentu persiapan harus dilakukan. Belajar menjadi kunci agar dapat lolos SPCP IPDN 2025.
"Ayo belajar sungguh-sungguh dulu, ya. Siapa tahu rejekinya kamu jadi bagian dari IPDN," lanjut akun tersebut.
| Baca juga: Diresmikan AHY, Kini IPDN Punya 3 Gedung Fakultas Baru |
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pun telah mengeluarkan surat edaran nomor 800.1.2.2/3308/SJ tentang pelaksanaan SPCP IPDN. Surat ini ditujukan kepada Gubernur hingga Bupati/Wali kota seluruh Indonesia.
Adapun SPCP IPDN 2025 dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
- Pendaftaran peserta calon praja IPDN tahun 2025 dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran calon Siswa-siswi/Taruna-taruni pendidikan tinggi kedinasan pada tanggal 29 Juni 2025-18 Juli 2025
- Pendaftaran dilakukan secara daring melalui tautan dikdin.bkn.go.id
- Pemberitahuan terkait lokasi pelaksanaan tes, perubahan jadwal tahapan seleksi dan informasi lainnya terkait pelaksanaan SPCP IPDN 2025 dapat dilihat pada tautan spcp.ipdn.ac.id
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan:
Dokumen Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah
- Rapor SMA/Sederajat
- Pas foto
- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025
- Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
- Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://daftar-dikdin.bkn.go.id
- Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
- Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
- Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
- Pelamar memasukkan Nilai
- Pelamar melengkapi Biodata
- Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
- Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
- Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
- Pelamar mengecek hasil verifikasi
- Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
- Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
- Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
- Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
- Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News